ADHIKARNO, SULISTYO PRABOWO (2024) PENENTUAN LOKASI STASIUN PENGISIAN DAYA KENDARAAN LISTRIK UMUM (Studi Kasus Tol Trans Jawa). Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
Skripsi Fulltext_Sulistyo Prabowo Adhikarno_222211001.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Abstrak_Sulistyo Prabowo Adhikarno_222211001.pdf Download (14kB) |
|
Text
Cover_Sulistyo Prabowo Adhikarno_222211001.pdf Download (119kB) |
|
Text
Pengesahan_Sulistyo Prabowo Adhikarno_222211001.pdf Download (309kB) |
|
Text
Daftar Isi_Sulistyo Prabowo Adhikarno_222211001.pdf Download (20kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_Sulistyo Prabowo Adhikarno_222211001.pdf Download (138kB) |
Abstract
Keterbatasan energi yang bersumber dari fosil melatarbelakangi kebijakan mobil
listrik di Indonesia yang berpengaruh terhadap penentuan lokasi SPKLU termasuk
penentuan lokasi SPKLU yang optimal di ruas tol Trans Jawa. Optimalisasi lokasi
SPKLU di ruas tol Trans Jawa didapat dari perhitungan kriteria ekonomis dan
kriteria teknis. Hasil perhitungan fungsi minimum dari kriteria ekonomis dan
kriteria teknis memiliki satuan yang disamakan berupa indeks level. Kriteria
ekonomis optimalisasi lokasi SPKLU adalah biaya instalasi, Kriteria ekonomis
memiliki beberapa sub kritera yaitu sub kriteria biaya lahan, sub kriteria biaya
konektifitas, sub kriteria biaya pemasangan, sub kriteria biaya daya listrik. Kriteria
teknis terdiri dari kriteria kapasitas daya SPKLU, kriteria kualitas daya SPKLU,
kriteria realibiltas daya SPKLU, kriteria probabilitas kedatangan kendaraan di
SPKLU. Kriteria teknis memiliki beberapa sub kriteria yaitu sub kriteria faktor
daya SPKLU, sub kriteria daya SPKLU, sub kriteria kuat arus SPKLU, sub kriteria
tegangan SPKLU, sub kriteria tahanan kabel tembaga, sub kriteria luas penampang
kabel tembaga, sub kriteria jarak pembangkit listrik ke SPKLU, sub kriteria nilai
pengendalian jejak, sub kriteria tetapan pengendali visibilitas,sub kriteria intensitas
jejak semut. Sub kriteria pada kriteria teknis memiliki hubungan saling
mempengaruhi sehingga metode pembobotan dilakukan menggunakan Analytical
Network Process (ANP) dengan menggunakan alat bantu perangkat lunak
superdecisions. Kriteria laju kedatangan kendaraan di SPKLU menggunakan
algoritma koloni semut.
Jumlah usulan SPKLU berdasarkan laju harian kendaraan di jalan tol Trans Jawa
yang diasumsikan 0,001 dari LHR jalan tol Trans Jawa merupakan mobil penumpang
bertenaga listrik. Dengan tiga lokasi optimal adalah SPKLU di rest area KM19A,
rest area KM57A dan rest area 575B.
Kata kunci: SPKLU, jalan toll.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SPKLU, jalan toll |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 01:42 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 01:42 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40811 |
Actions (login required)
View Item |