PENENTUAN LEAD TIME MANUFAKTUR KOMPONEN MODIFIKASI MOBIL OFFROAD DENGAN PENDEKATAN MARKOV CHAIN (Studi Kasus pada PT Lima Empat Metalcraft, Bantul DIY)

MANURUNG, YHESSICA NANDA (2024) PENENTUAN LEAD TIME MANUFAKTUR KOMPONEN MODIFIKASI MOBIL OFFROAD DENGAN PENDEKATAN MARKOV CHAIN (Studi Kasus pada PT Lima Empat Metalcraft, Bantul DIY). Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_122200097_Yhessica Nanda Manurung.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_122200097_Yhessica Nanda Manurung.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Cover_122200097_Yhessica Nanda Manurung.pdf] Text
2. Cover_122200097_Yhessica Nanda Manurung.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_122200097_Yhessica Nanda Manurung.pdf] Text
3. Abstrak_122200097_Yhessica Nanda Manurung.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_122200097_Yhessica Nanda Manurung.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_122200097_Yhessica Nanda Manurung.pdf

Download (998kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_122200097_Yhessica Nanda Manurung.pdf] Text
5. Daftar Isi_122200097_Yhessica Nanda Manurung.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_122200097_Yhessica Nanda Manurung.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_122200097_Yhessica Nanda Manurung.pdf

Download (185kB)

Abstract

PT Lima Empat Metalcraft belum melakukan estimasi lead time manufaktur
dengan baik. Hal ini terlihat dari banyaknya mobil yang datang lebih awal dari waktu
penyelesaian mobil sebelumnya karena estimasi waktu yang tidak sesuai. Akibatnya,
mobil terlambat untuk ditangani dan harus menunggu di garasi Perusahaan. Perusahaan
juga harus membayar penalti untuk mobil yang selesai lebih lama dari estimasi waktu
penyelesaian yang disepakati. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk
menentukan lead time manufaktur.
Penentuan lead time manufaktur dilakukan dengan pendekatan Markov Chain.
Perhitungan dilakukan pada komponen modifikasi front bumper yang melalui lima
tahap desain dan enam tahap produksi dengan mempertimbangkan probabilitas tahap
yang mengalami reviu dan menentukan waktu reviu.
Besar lead time yang didapatkan menggunakan model mendekati besar lead
time aktual. Dari hasil perbandingan, terdapat selisih dimana lead time aktual masih
lebih besar dari lead time hasil perhitungan, hal ini dapat terjadi karena adanya faktor
waktu penurunan. Pada penelitian selanjutnya dapat dilakukan penjadwalan dengan
lead time yang sudah didapatkan menggunakan pendekatan Markov Chain.
Kata kunci : Lead Time Manufaktur, MTO Tidak Berulang, Markov Chain

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lead Time Manufaktur, MTO Tidak Berulang, Markov Chain
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:45
Last Modified: 21 Aug 2024 02:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40775

Actions (login required)

View Item View Item