EVALUASI USABILITY MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) (STUDI KASUS: APLIKASI TRANS JOGJA)

Lanang, Fairuz Akmal (2024) EVALUASI USABILITY MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) (STUDI KASUS: APLIKASI TRANS JOGJA). Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Skripsi 124170023.pdf] Text
Skripsi 124170023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat usability aplikasi Trans Jogja
menggunakan dua metode yaitu System Usability Scale (SUS) dan User Experience
Questionnaire (UEQ). Aplikasi Trans Jogja merupakan aplikasi mobile yang dirancang
untuk membantu pengguna dalam menggunakan layanan Bus Rapid Transit (BRT) di
Daerah Istimewa Yogyakarta. Meskipun aplikasi ini memiliki berbagai fitur untuk
meningkatkan pengalaman pengguna, masih terdapat beberapa kendala yang mempengaruhi
kinerja dan kepuasan pengguna.
Metode SUS digunakan untuk menilai aspek ketergunaan (usability) dari aplikasi,
dan UEQ digunakan untuk mengukur pengalaman pengguna dari beberapa dimensi seperti
daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, rangsangan, dan kebaruan. Pengumpulan data
dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online kepada pengguna aplikasi Trans Jogja
yang telah menggunakan aplikasi tersebut minimal satu kali dalam setahun terakhir. Proses
pengembangan sistem dilakukan dengan pendekatan iteratif untuk memastikan perbaikan
berkelanjutan berdasarkan umpan balik pengguna.
Hasil analisis menunjukkan bahwa aplikasi Trans Jogja memiliki tingkat usability
yang perlu ditingkatkan, terutama dalam hal navigasi dan kinerja aplikasi. Temuan ini
memberikan masukan berharga bagi pengembang aplikasi dan Dinas Perhubungan Daerah
Istimewa Yogyakarta untuk melakukan perbaikan dan pengembangan lebih lanjut guna
meningkatkan kualitas layanan aplikasi Trans Jogja. Penelitian ini berkontribusi dalam
memberikan wawasan mengenai perbaikan aplikasi transportasi publik untuk meningkatkan
pengalaman dan kepuasan pengguna.
Kata Kunci : usability, System Usability Scale (SUS), User Experience Questionnaire
(UEQ), Trans Jogja, aplikasi mobile

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: usability, System Usability Scale (SUS), User Experience Questionnaire (UEQ), Trans Jogja, aplikasi mobile
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 26 Jul 2024 04:27
Last Modified: 26 Jul 2024 04:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40471

Actions (login required)

View Item View Item