PENGARUH DESAIN KOMUNIKASI VISUAL KONTEN INSTAGRAM AKUN CRSL STORE TERHADAP MINAT BELI PADA FOLLOWERS

Ash-Shiddiqi, Ahmad Fajri (2024) PENGARUH DESAIN KOMUNIKASI VISUAL KONTEN INSTAGRAM AKUN CRSL STORE TERHADAP MINAT BELI PADA FOLLOWERS. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153200034_Ahmad Fajri Ash-Shiddiqi.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153200034_Ahmad Fajri Ash-Shiddiqi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Cover_153200034_Ahmad Fajri Ash-Shiddiqi.pdf] Text
2. Cover_153200034_Ahmad Fajri Ash-Shiddiqi.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153200034_Ahmad Fajri Ash-Shiddiqi.pdf] Text
3. Abstrak_153200034_Ahmad Fajri Ash-Shiddiqi.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153200034_Ahmad Fajri Ash-Shiddiqi.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153200034_Ahmad Fajri Ash-Shiddiqi.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153200034_Ahmad Fajri Ash-Shiddiqi.pdf] Text
5. Daftar Isi_153200034_Ahmad Fajri Ash-Shiddiqi.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153200034_Ahmad Fajri Ash-Shiddiqi.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153200034_Ahmad Fajri Ash-Shiddiqi.pdf

Download (138kB)

Abstract

Desain Komunikasi Visual (DKV) telah menjadi bagian penting kehidupan masa
kini, berperan penting dalam penyampaian informasi, hiburan, bisnis, dan
teknologi melalui visualisasi yang menarik dan komunikatif, seiring dengan
perkembangan teknologi dan media sosial. Akun Instagram @crsl.store, sebuah
brand fashion lokal, memperlihatkan keunikan dalam penggunaan karakter hewan
yang diillustrasikan secara visual dalam berbagai bentuk seperti illustrasi, 3D, dan
animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain komunikasi
visual konten Instagram akun CRSL Store terhadap minat beli pada followers.
Teori yang digunakan yaitu Elaboration Likelihood Model (ELM) sebagai
landasan berpikir untuk melihat proses penerimaan pesan. Metode yang
digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data regresi linier
sederhana. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Perhitungan
jumlah sampel menggunakan rumus Slovin sehingga didapatkan 100 responden
yang merupakan followers akun Instagram CRSL Store. Berdasarkan hasil
perhitungan korelasi product moment diketahui nilai koefisiensi 0,733 dengan
nilai signifikansi 0,000. Hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana
diperoleh nilai koefisiensi sebesar 1,137 yang menunjukkan terdapat pengaruh
positif antara desain komunikasi visual dan minat beli. Oleh karena itu, penelitian
menunjukan bahwa hasil uji signifikan T sebesar 10,655 sehingga dapat dijelaskan
bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil koefisiensi determinasi diperoleh
nilai R square sebesar 0,537 yang berarti desain komunikasi visual konten
Instagram CRSL Store memberikan pengaruh signifikan sebesar 53,7% terhadap
minat beli pada followers.
Kata Kunci: Desain Komunikasi Visual, Media Sosial, Instagram, Minat Beli,
Elaboration Likehood Model

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:15
Last Modified: 25 Jul 2024 02:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40423

Actions (login required)

View Item View Item