NENDA, IGUSTI (2024) PENGARUH SERVICE QUALITY DAN TOURIST EXPERIENCE TERHADAP TOURIST SATISFACTION SEBAGAI FAKTOR PEMICU REVISIT INTENTION PADA WISATAWAN (Studi pada Wisatawan yang Sedang Berkunjung ke Puncak Segoro, Gunung Kidul, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
Abstrak_152200138_Igusti Nenda.pdf Download (204kB) |
|
Text
Cover_152200138_Igusti Nenda.pdf Download (233kB) |
|
Text
Daftar Isi_152200138_Igusti Nenda.pdf Download (254kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_152200138_Igusti Nenda.pdf Download (186kB) |
|
Text
Lembar pengesahan_152200138_Igusti Nenda.pdf Download (778kB) |
|
Text
Skripsi Fulltext_152200138_Igusti Nenda.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Igusti Nenda, Nomor Induk Mahasiswa 152200138, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembangunan Nasional ”Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian ” Pengaruh Service
quality dan Tourist experience Terhadap Tourist satisfaction Sebagai Faktor Pemicu
Revisit intention Pada Wisatawan (Studi pada wisatawan yang sedang berkunjung
ke Puncak Segoro, Gunung Kidul, Yogyakarta)”. Pembimbing I Dr.Eny Endah
Pujiastuti, S.Sos, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Service quality dan
Tourist experience Terhadap Tourist satisfaction Sebagai Faktor Pemicu Revisit
intention Pada Wisatawan (Studi pada wisatawan yang sedang berkunjung ke
Puncak Segoro, Gunung Kidul, Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah
wisatawan yang sedang melakukan kunjungan di destinasi wisata Puncak Segoro
yang jumlah populasinya tidak diketahui secara pasti. Penelitian ini menggunakan
tipe explanatory research dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel pada
penelitian ini adalah wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke objek wisata
Puncak Segoro. Ukuran sampel dengan 150 responden didapatkan dari perhitungan
rumus Machin dan Cambell. Teknik sampling yang digunakan adalah
nonprobability sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif dengan Tabel dan persentasi, serta analisis statistik inferensial
menggunakan SEM AMOS, dan uji hipotesis menggunakan uji T untuk menguji
hubungan langsung, dan Uji Sobel untuk menguji hubungan tidak langsung.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel service quality
berpengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction, tourist experience
berpengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction, service quality berpengaruh
signifikan terhadap revisit intention, tourist experience berpengaruh signifikan
terhadap revisit intention, tourist satisfaction berpengaruh signifikan terhadap
revisit intention, service quality berpengaruh signifikan terhadap revisit intention
melalui tourist satisfaction, dan tourist experience berpengaruh signifikan terhadap
revisit intention melalui tourist satisfaction. Berdasarkan hasil penelitian, objek
wisata Puncak Segoro diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan yang
ditawarkan serta mampu menciptakan pengalaman wisata yang baik bagi
wisatawan agar dapat menumbuhkan rasa kesenangan bagi wisatawan selama
berkunjung sehingga meningkatkan kepuasan wisatawan dan memunculkan niat
wisatawan untuk melakukan kunjungan kembali ke Puncak Segoro di masa depan.
Kata Kunci: Service Quality, Tourist Experience, Tourist Satisfaction, Revisit
Intention
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Service Quality, Tourist Experience, Tourist Satisfaction, Revisit Intention |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 07:17 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 07:17 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39901 |
Actions (login required)
View Item |