ANALISIS MINAT PENGGUNA LAYANAN E-TICKETING TIKET.COM MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT2) DI YOGYAKARYA

HANDAYANI, DINI PUTRI (2024) ANALISIS MINAT PENGGUNA LAYANAN E-TICKETING TIKET.COM MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT2) DI YOGYAKARYA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. FULLTEXT SKRIPSI_124190062_DINI PUTRI HANDAYANI.pdf] Text
1. FULLTEXT SKRIPSI_124190062_DINI PUTRI HANDAYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 2. COVER SKRIPSI_124190062_DINI PUTRI HANDAYANI.pdf] Text
2. COVER SKRIPSI_124190062_DINI PUTRI HANDAYANI.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI_124190062_DINI PUTRI HANDAYANI.pdf] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI_124190062_DINI PUTRI HANDAYANI.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK SKRIPSI_124190062_DINI PUTRI HANDAYANI.pdf] Text
4. ABSTRAK SKRIPSI_124190062_DINI PUTRI HANDAYANI.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI SKRIPSI_124190062_DINI PUTRI HANDAYANI.pdf] Text
5. DAFTAR ISI SKRIPSI_124190062_DINI PUTRI HANDAYANI.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_124190062_DINI PUTRI HANDAYANI.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_124190062_DINI PUTRI HANDAYANI.pdf

Download (155kB)

Abstract

Persaingan dalam bisnis OTA (Online Travel Agency) yang semakin ketat membuat
pemilik bisnis saling berlomba-lomba memperbaiki sarana maupun prasarananya supaya dapat
menarik perhatian konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Salah satunya adalah
Tiket.com yang merupakan perusahaan agen perjalanan daring berbasis aplikasi dan situs web
untuk dekstop dan mobile. Berdasarkan survey awal yang dilakukan oleh peneliti, dapat
disimpulkan bahwa pengguna aplikasi Tiket.com mengalami sejumlah kendala yang cukup
signifikan. Salah satunya adalah masalah ketidakakuratan informasi yang tidak terkini
menyebabkan banyak pengguna mengalami kerugian karena informasi yang tidak akurat tersebut,
informasi yang komprehensif tentang proses transit tidak diapaparkan secara terperinci di laman
ticketing sehingga menyebabkan pelanggan mengalami kerugian baik dari segi waktu maupun
uang. Formulir yang panjang dan kompleks saat proses pembelian tiket ini juga dapat
membingungkan pengguna dan meningkatkan kemungkinan kesalahan saat pengisian data. Selain
itu, tampilan aplikasi yang kurang sederhana juga dapat menyebabkan kebingunan bagi pelanggan.
Masalah lain yang perlu diperhatikan adalah ketika pelanggan melakukan kesalahan dalam
pengisian formulir data tiket dan e-ticket sudah terbit, belum ada fitur yang memungkinkan
pelanggan untuk memperbaiki kesalahan tersebut secara mandiri. Hal ini menyebabkan pelanggan
harus menghubungi layanan pelanggan yang dalam beberapa kasus dianggap kurang efisien dan
kurang responsif dalam menggapi masalah pelanggan. Analisis akan dilakukan dengan
menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2).
Penelitian ini akan mengacu pada model UTAUT2 yang mencakup 7 variabel independen, yaitu
Performance Expectancy (PE), Effort Expectancy (EE), Social Influence (SI), Facilitating
Conditions (FC), Hedonic Motivation (HM), Price Value (PV), dan Habit (H), serta 2 variabel
dependen, yaitu Behavior Intention (BI), dan Use Behavior (UB), dengan tambahan faktor-faktor
moderasi berupa age, gender, dan experience. Untuk mengetahui besarnya pengaruh antar variabel
independen engan variabel dependen yang dipengaruhi oleh variabel moerasi akan menggunakan
perhitungan Partial Least Square (PLS), dengan total sampel valid yang didapatkan sebanyak 124
responden dengan menyebarkan kuesioner secara online. Sampel terdiri dari dari responden yang
menggunakan e-ticketing Tiket.com di Yogyakarta. Berlandaskan hasil analisis menggunakan
model UTAUT2 dengan perhitungan PLS, maka diperoleh hasil bahwa variabel yang memiliki
pengaruh untuk Behavioral Intention pada aplikasi Tiket.com adalah harapan tentang seberapa
mudah pengguna merasakan untuk menggunakan layanan (effort expectancy), kondisi yang
membuat pengguna merasa lebih mudah dalam menggunakan layanan (facilitating conditions),
harga yang diberikan dalam nilai layanan (price value), dan kebiasaan pengguna (habit).
Selanjutnya diperoleh hasil bahwa variabel yang memiliki pengaruh untuk Use Behavior pada
aplikasi Tiket.com adalah kebiasaan pengguna (habit) dan niat pengguna (behavioral intention).
Sedangkan untuk faktor-faktor lainnya tidak memengaruhi minat penggunaan e-ticketing
tiket.com karena hasil pengujian tidak memenuhi syarat pengujian.
Kata Kunci : Tiket.com, OTA, UTAUT2, Behavioral Intention, Use Behavior.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tiket.com, OTA, UTAUT2, Behavioral Intention, Use Behavior
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:34
Last Modified: 24 Jun 2024 04:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39884

Actions (login required)

View Item View Item