PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI BRAND AWARENESS (Survei Konsumen Pada Panduan Berkebun Merek Tanduria.co)

ROSANITA, DEWI (2024) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI BRAND AWARENESS (Survei Konsumen Pada Panduan Berkebun Merek Tanduria.co). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Full Text_141200113_Dewi Rosanita.pdf] Text
1. Skripsi Full Text_141200113_Dewi Rosanita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Cover_141200113_Dewi Rosanita.pdf] Text
2. Cover_141200113_Dewi Rosanita.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_141200113_Dewi Rosanita.pdf] Text
3. Abstrak_141200113_Dewi Rosanita.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_141200113_Dewi Rosanita.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_141200113_Dewi Rosanita.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_141200113_Dewi Rosanita.pdf] Text
5. Daftar Isi_141200113_Dewi Rosanita.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_141200113_Dewi Rosanita.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_141200113_Dewi Rosanita.pdf

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh social
media marketing terhadap purchase intention yang dimediasi oleh brand awareness
pada panduan berkebun merek Tanduria.co. Social media marketing adalah program
pemasaran online menggunakan social media untuk mempromosikan merek atau
produk dan akan melibatkan konsumen atau calon konsumen. Brand awareness
merupakan kemampuan konsumen mengidentifikasi unsur merek sebelum membuat
keputusan pembelian. Purchase intention merepresentasikan kemungkinan konsumen
membeli produk yang didasari pengalaman konsumen. Penelitian menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode kuesioner. Populasi penelitian ini adalah
pengguna social media Instagram, TikTok, dan YouTube di Indonesia. Pengumpulan
data primer menggunakan metode purposive sampling dan sampel yang diambil dalam
penelitian ini sebanyak 305 responden. Data dianalisis menggunakan Structural
Equation Model (SEM) menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) Social media marketing berpengaruh signifikan terhadap brand awareness,
2) Social media marketing berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, 3)
Brand awareness berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, 4) Social media
marketing berpengaruh signifikan terhadap purchase intention melalui brand
awareness. Jadi, social media marketing dapat menjadi media penyampaian edukasi
merek untuk membangun brand awareness dan edukasi merek yang dilakukan secara
berulang dan konsisten, dibarengi dengan berkomunikasi dan berinteraksi langsung
dengan konsumen dapat memperkuat keterlibatan konsumen yang akan memengaruhi
purchase intention konsumen.
Kata Kunci : Social Media Marketing, Brand Awareness, Purchase Intention,
Keterlibatan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Brand Awareness, Purchase Intention, Keterlibatan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 21 Jun 2024 07:53
Last Modified: 21 Jun 2024 07:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39860

Actions (login required)

View Item View Item