PENENTUAN ALOKASI LAHAN PARKIR BERDASARKAN KEBUTUHAN PARKIR KENDARAAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIMULASI (Studi kasus Fakultas Teknik Industri Kampus 2UPN “Veteran” Yogyakarta)

RAHAYUNING, FRINADA (2024) PENENTUAN ALOKASI LAHAN PARKIR BERDASARKAN KEBUTUHAN PARKIR KENDARAAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIMULASI (Studi kasus Fakultas Teknik Industri Kampus 2UPN “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 122170062_Abstrak.pdf] Text
122170062_Abstrak.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 122170062_Daftar pustaka.pdf] Text
122170062_Daftar pustaka.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 122170062_Draft skripsi.pdf] Text
122170062_Draft skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 122170062_Lembar pengesahan.pdf] Text
122170062_Lembar pengesahan.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 122170062_Cover.pdf] Text
122170062_Cover.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 122170062_Daftar isi.pdf] Text
122170062_Daftar isi.pdf

Download (145kB)

Abstract

xiii
ABSTRAK
Permasalahan terkait manajemen parkir di kampus 2 UPNVY, yang ditandai
oleh kondisi parkir kendaraan bermotor yang tidak tertata dengan baik. Masalah
utama meliputi kekurangan alokasi lahan parkir yang efektif dan pola parkir yang
tidak terstruktur, menyebabkan ketidaknyamanan dan ketidakamanan bagi civitas
akademika. Dengan meningkatnya jumlah kendaraan pribadi, terlihat perlunya
strategi manajemen parkir yang lebih baik untuk memaksimalkan penggunaan
ruang parkir yang tersedia. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah mengatasi
permasalahan yang kompleks terkait manajemen parkir di kampus 2 UPNVY, yang
menjadi semakin penting dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor di
daerah ini.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah simulasi sistem
menggunakan software ProModel. Metode ini dipilih karena memungkinkan
simulasi sistem diskrit yang akurat tanpa mempengaruhi operasional sehari-hari
kampus. Peneliti memodelkan kondisi parkir saat ini berdasarkan data lapangan dan
melakukan simulasi untuk menguji berbagai skenario alokasi lahan parkir.
Pendekatan ini memberikan fleksibilitas untuk mengevaluasi berbagai kebijakan
parkir tanpa perlu mengganggu aktivitas kampus secara langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model simulasi
yang valid, strategi alokasi lahan parkir berdasarkan kebutuhan civitas akademika
dapat menghasilkan peningkatan signifikan dalam efisiensi penggunaan ruang
parkir. Simulasi mengidentifikasi pola parkir yang optimal seperti pengaturan pola
parkir 30○, 90○, dan 90○, serta menunjukkan bahwa penggunaan software
ProModel mampu memberikan solusi yang mendekati akurat dalam merancang
sistem parkir yang lebih efisien dan efektif di lingkungan kampus. Implikasi dari
penelitian ini adalah penerapan strategi parkir yang direkomendasikan dapat
meningkatkan pengalaman parkir bagi civitas akademika UPNVY, serta
mengurangi masalah parkir yang ada saat ini.
Kata kunci: alokasi, kendaraan, penentuan lahan parkir, pendekatan simula
xiv
Determination of Parking Lot Allocation Based on Vehicle Parking Demand
Using a Simulation Approach
ABSTRACT
The parking management issue at UPNVY Campus 2 is characterized by
poorly organized motor vehicle parking. Key problems include not enough parking
space and chaotic parking patterns, causing discomfort and safety concerns among
students and staff. With more vehicles on campus, there's a clear need for better
parking strategies to maximize the available space. Therefore, this research aims
to tackle the complex parking management issues at UPNVY Campus 2, which have
become more pressing due to the increasing number of vehicles in the area.
This study uses system simulation with ProModel software. This method
was chosen because it allows for accurate simulation without disrupting daily
campus operations. Researchers modeled current parking conditions using field
data and tested different parking allocation scenarios through simulations. This
approach lets them explore various parking policies without directly affecting
campus activities.
The findings show that implementing a valid simulation model for parking
allocation based on academic community needs can significantly improve parking
space utilization efficiency. The simulations identified optimal parking patterns
such as using 30○, 90○, and 90○ parking configurations. Moreover, ProModel
software proved effective in designing a more efficient and effective parking system
within the campus environment. This research suggests that adopting these parking
strategies can enhance the parking experience for UPNVY students and staff while
addressing current parking challenges.
Keywords: allocation, vehicles, parking space determination, simulation approach

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: allocation, vehicles, parking space determination, simulation approach
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 21 Jun 2024 01:30
Last Modified: 21 Jun 2024 01:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39839

Actions (login required)

View Item View Item