Meylinda, Audry Eva (2024) PENGARUH TOURIST MOTIVATION DAN DESTINATION IMAGE TERHADAP NOVELTY SEEKING SERTA DAMPAKNYA PADA REVISIT INTENTION (Studi Kasus Pada Wisatawan Yang Sedang Berkunjung Ke Edumpark Tegaldowo Bantul). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
Abstrak_152190120_Audry Eva Meylinda.pdf Download (253kB) |
|
Text
Cover_152190120_Audry Eva Meylinda.pdf Download (275kB) |
|
Text
Daftar Isi_152190120_Audry Eva Meylinda.pdf Download (603kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_152190120_Audry Eva Meylinda.pdf Download (369kB) |
|
Text
Pengesahan_152190120_Audry Eva Meylinda.pdf Download (110kB) |
|
Text
Skripsi Fulltext_152190120_Audry Eva Meylinda.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Audry Eva Meylinda, Nomor Induk Mahasiswa 152190120, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul penelitian “Pengaruh Tourist
Motivation dan Destination Image Terhadap Novelty Seeking Serta Dampaknya
Pada Revisit Intention (Studi Kasus Pada Wisatawan Yang Sedang Berkunjung ke
Edumpark Tegaldowo)”. Pembimbing I Eny Endah Pujiastuti dan pembimbing II
Suratna.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tourist Motivation dan
Destination Image Terhadap Novelty Seeking Serta Dampaknya Pada Revisit
Intention (Studi Kasus Pada Wisatawan Yang Sedang Berkunjung ke Edumpark
Tegaldowo). Populasi dalam penelitian ini wisatawan yang sedang berkunjung ke
Edumpark Tegaldowo yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Penelitian ini
menggunakan tipe explanatory dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel
dalam penelitian ini adalah wisatawan yang sedang berkunjung ke objek wisata
Edumpark Tegaldowo. Ukuran sampel dengan 131 responden didapatkan dari
perhitungan rumus Machin dan Cambell. Teknik sampling yang digunakan adalah
nonprobability sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif dengan data tabel dan presentasi, serta analisis statistik inferensial
menggunakan SEM AMOS dan Uji Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tourist motivation
berpengaruh signifikan terhadap novelty seeking, destination image berpengaruh
signifikan terhadap novelty seeking, tourist motivation berpengaruh signifikan
terhadap revisit intention, destination image berpengaruh signifikan terhadap
revisit intention, novelty seeking berpengaruh signifikan terhadap revisit intention,
tourist motivation berpengaruh signifikan terhadap revisit intention melalui novelty
seeking, destination image berpengaruh signifikan terhadap revisit intention
melalui novelty seeking. Berdasarkan hasil penelitian, Objek wisata Edumpark
Tegaldowo harus mampu memperhatikan ulasan yang telah diberikan wisatawan
berpengalaman agar dapat meningkatkan penilaian yang positif wisatawan terhadap
destinasi wisata dan juga memperbaiki atau menambah fasilitas serta atraksi
sehingga menumbuhkan keterikatan dalam benak konsumen terhadap destinasi
wisata sehingga wisatawan memiliki niat untuk mengunjungi kembali Edumpark
Tegaldowo di masa depan.
Kata Kunci: Tourist Motivation, Destination Image, Novelty Seeking,
Revisit Intention
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tourist Motivation, Destination Image, Novelty Seeking, Revisit Intention |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 06:34 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 06:34 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38836 |
Actions (login required)
View Item |