PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR AKTIVA DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL (Study empiris pada perusahaan manufaktur sektor “Automotive And Allied Product” yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 – 2013)

Pratama Gusni Putra, Sony (2016) PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR AKTIVA DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL (Study empiris pada perusahaan manufaktur sektor “Automotive And Allied Product” yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 – 2013). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of abstraksi.pdf]
Preview
Text
abstraksi.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel profitabilitas,
struktur aktiva dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal pada
perusahaan manufaktur sektor automotive and allied product yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia periode 2009 – 2013. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini sebagai objek yaitu perusahaan manufaktur sektor automotive and
allied product yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 – 2013.
Pengumpulan sampel menggunakan metode purposive sampling diperoleh sampel
sebanyak 17 perusahaan selama periode 2009 – 2013. Data diuji menggunakan
analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa struktur modal dipengaruhi secara bersama – sama oleh profitabilitas,
struktur aktiva dan pertumbuhan penjualan. Sedangkan secara parsial
menunjukkan bahwa profitabilitas (X1) berpengruh negatif dan signifikan
terhadap struktur modal. Artinya bahwa perusahaan lebih suka menggunakan
modal sendiri dibandingkan menggunakan hutang. Struktur aktiva (X2)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal. Artinya bahwa aktiva
tetap perusahaan besar dan dapat dijadikan sebagai jaminan untuk mendapatkan
hutang. Pertumbuhan penjualan (X3) tidak berpengaruh terhadap struktur modal.
Artinya bahwa besar kecilnya pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap
struktur modal.
Kata Kunci : profitabilitas, struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, struktur
modal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:37
Last Modified: 16 Jun 2016 04:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3856

Actions (login required)

View Item View Item