Permana, Feri Satya (2023) PENGUATAN POSITIONING MNC NEWS DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN MEDIA PENYIARAN BERLANGGANAN (Studi Deskriptif MNC News). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_153180018_Feri Satya Permana.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
2. Cover_153180018_Feri Satya Permana.pdf Download (454kB) |
|
Text
3. Lembar Pengesahan_153180018_Feri Satya Permana.pdf Download (751kB) |
|
Text
4. Daftar Isi_153180018_Feri Satya Permana.pdf Download (226kB) |
|
Text
5. Abstrak_153180018_Feri Satya Permana.pdf Download (226kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_153180018_Feri Satya Permana.pdf Download (574kB) |
Abstract
Disrupsi informasi di era digital membuat penyebaran berita semakin tak terbatas
pada ruang dan waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya
MNC News dalam memperkuat posisinya dalam menghadapi persaingan media
penyiaran berlangganan, serta kendala dalam memperkuat posisi tersebut.
Penelitian ini menggunakan paradigma Konstruktivis dengan pendekatan
Kualitatif Deskriptif. Data diperoleh dari para informan, observasi, serta studi
pustaka. Hasil penelitian ini menemukan bahwa positioning MNC News dari segi
ciri khas, MNC News melakukan simplifikasi produk dan beberapa kali
melakukan pergantian logo dan tagline untuk memenuhi ekspektasi audiens.
Kedua, dari segi manfaat, MNC News sangat mengedepankan news value dari
produk berita yang mereka hasilkan. Dalam konteks ini, tim redaksi MNC News
melakukan riset dan pertimbangan yang matang apakah berita layak tayang atau
tidak. Ketiga, Dari sisi target audiens, MNC News menyasar golongan audiens A
dan B, atau kalangan menengah keatas dengan rentang usia 18-45 tahun.
Keempat, positioning berdasarkan program pesaing, MNC News menonjolkan
program berita yang tidak dibatasi pada waktu dan menyediakan banyak konten.
Kelima, positioning berdasarkan perbedaan kategori, MNC news sangat
memperhatikan kapabilitas dan kredibilitas narasumber serta pemilihan tema yang
hendak disajikan. Di samping itu, beberapa kendala yang dihadapi MNC News
dalam positioning tersebut diantaranya masalah keterbatasan Sumber Daya
Manusia dan ketersediaan sumber pendanaan.
Kata Kunci: TV Berita, MNC News, Positioning
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TV Berita, MNC News, Positioning |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 01:51 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 01:51 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38521 |
Actions (login required)
View Item |