KAJIAN GEOMETRI JALAN TAMBANG PADA OVERBURDEN REMOVAL MENUJU DISPOSAL UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT DI PT MITRA MULTI INDOMINING JOBSITE PT BUKIT BAIDURI ENERGI, KUTAI KARTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR

AMMAR, RM TEJA ISWARA ROZAN (2023) KAJIAN GEOMETRI JALAN TAMBANG PADA OVERBURDEN REMOVAL MENUJU DISPOSAL UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT DI PT MITRA MULTI INDOMINING JOBSITE PT BUKIT BAIDURI ENERGI, KUTAI KARTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Full.pdf] Text
1. Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 2. Cover.pdf] Text
2. Cover.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 3. Abstrak.pdf] Text
3. Abstrak.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 4. Halaman Pengesahan.pdf] Text
4. Halaman Pengesahan.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf] Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka.pdf] Text
6. Daftar Pustaka.pdf

Download (47kB)

Abstract

PT Mitra Multi Indomining (PT MMI) merupakan perusahaan kontraktor
yang bekerja pada beberapa perusahaan tambang di Indonesia. Lokasi Penelitian
dilakukan di PT Mitra Multi Indomining jobsite PT Bukit Baiduri Energi yang
bergerak di bidang pertambangan dengan lima fokus kegiatan yaitu pengupasan
lapisan tanah penutup (Overburden Removal), penambangan batubara (Coal
Getting), pengangkutan batubara (Coal Hauling), pengangkutan overburden (OB
Hauling), dan pemeliharaan jalan (Road Maintenance). Kegiatan penambangan
yang dilaksanakan berlokasi pada PIT Goldstar. Sistem penambangan yang
dilakukan adalah sistem tambang terbuka dengan metode open pit.
Pengangkutan overburden menjadi salah satu faktor yang penting untuk
mencapai target produktivitas. Berdasarkan pengamatan lapangan, produktivitas
dalam pengangkutan overburden belum memenuhi target, dimana salah satu
penyebabnya yaitu kondisi jalan angkut tambang yang belum memenuhi standar
parameter yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi geometri
jalan angkut yang digunakan dalam pengangkutan material overburden, serta
mengkaji dan menganalisis pengaruh geometri jalan tersebut terhadap produktivitas
alat angkut.
Target produktivitas alat angkut pada fleet EX-592 sebesar 36 BCM/jam.
Sedangkan kondisi aktual dilapangan hanya mencapai 26,93 BCM/jam. Faktor
penyebab tidak tercapainya target produktivitas adalah waktu edar alat angkut yang
tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi geometri jalan dan kecepatan rata-rata
alat angkut yang rendah pada grade jalan yang tinggi. Upaya peningkatan
produktivitas alat angkut adalah dengan melakukan evaluasi geometri jalan angkut
dan memperbaiki grade jalan menjadi 12% (menurut Kepmen ESDM No.
1827.K/30/MEM/2018) serta melakukan simulasi perbaikan kecepatan dengan
metode rimpull. Setelah dilakukan evaluasi geometri jalan angkut dan perbaikan
grade jalan secara teoritis didapatkan peningkatan produktivitas alat angkut pada
fleet EX-592 menjadi 44,14 BCM/jam dan telah mencapai dari target produktivitas
yang ada.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: geometri jalan tambang, overburden removal, disposal, alat angkut
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:48
Last Modified: 29 Dec 2023 08:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38470

Actions (login required)

View Item View Item