PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE SMART SYSTEM SERTA REKOMENDASI USULAN PERBAIKAN KINERJA (Studi kasus di “28 Coffee” cabang Godean, Yogyakarta)

WICAKSONO S., HARYO PINGGALA (2023) PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE SMART SYSTEM SERTA REKOMENDASI USULAN PERBAIKAN KINERJA (Studi kasus di “28 Coffee” cabang Godean, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 122170047_Abstrak.pdf] Text
122170047_Abstrak.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 122170047_Cover.pdf] Text
122170047_Cover.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of 122170047_Daftar Isi.pdf] Text
122170047_Daftar Isi.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 122170047_Daftar Pustaka.pdf] Text
122170047_Daftar Pustaka.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 122170047_Lembar Pengesahan.pdf] Text
122170047_Lembar Pengesahan.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of 122170047_Draft Skripsi.pdf] Text
122170047_Draft Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

PT Mil Kreasi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang makanan dan
minuman, salah satu brand dari perusahaan ini adalah “28 Coffee” cabang Godean,
Yogyakarta. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh “28 Coffee” cabang Godean,
perusahaan mendapatkan permasalahan yaitu kurangnya citra merk di masyarakat
yang mengakibatkan turunnya pendapatan perusahaan sebesar 20% sejak bulan Juni
2022. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur dan mengetahui tingkat
keberhasilan suatu perusahaan.
Metode yang digunakan adalah metode SMART System untuk menentukan
key performance indicator (KPI), karena dengan metode ini pengukuran kinerja
dilakukan dengan mempertimbangkan aspek finansial dan aspek non-finansial yang
mengacu pada level dan perspektif pengukuran kinerja metode SMART System.
Setelah KPI ditentukan, kemudian menggunakan metode AHP untuk mengetahui
tingkat kepentingan KPI, lalu melakukan scorring system pada indikator kerja
dengan metode OMAX dan di berikan indikator kinerja menggunakan metode
traffic light system.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat 17 KPI yang dihasilkan
dengan level dan perspektif SMART System, dimana dari 17 KPI terdapat 10 KPI
yang masih jauh dibawah target. Sehingga diberikan usulan perbaikan yaitu
melakukan inovasi produk, menyesuaikan harga di pasaran, menciptakan
lingkungan kerja yang nyaman, memberi reward kepada karyawan, survei
konsumen secara rutin dan terima masukan serta kritik dengan baik terkait kualitas
produk makanan dan minuman yang dijual, memastikan Standar Operasional
Prosedur (SOP) sesuai dengan yang telah ditentukan, sering berkomunikasi dengan
pelanggan, terutama pelanggan yang sering datang, memberi potongan harga ke
pelanggan setia agar pelanggan tertarik datang kembali dan membawa pelanggan
lain, menambahkan jenis metode pembayaran.
Kata kunci: Pengukuran kinerja, KPI, SMART System, AHP, OMAX, Traffic light system

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengukuran kinerja, KPI, SMART System, AHP, OMAX, Traffic light system
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 29 Dec 2023 06:35
Last Modified: 29 Dec 2023 06:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38459

Actions (login required)

View Item View Item