MAHARANI, INGE (2023) ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS LIVE SHOPPING PADA PLATFORM TIKTOK AKUN @SKINTIFIC_ID DALAM MENARIK MINAT BELI PRODUK SKINCARE SKINTIFIC DI SOCIAL COMMERCE TIKTOK SHOP. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. SKRIPSI LENGKAP_INGE MAHARANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (92kB) |
|
Text
3. COVER.pdf Download (142kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (352kB) |
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis tentang pengaruh efektivitas live shopping pada platform
TikTok akun @skintific_id dalam menarik minat beli produk skincare Skintific di Social
Commerce TikTok Shop. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Technology
Accaptence Model (TAM) yang diimplementasikan sebagai kerangka kerja untuk
menginterpretasi dan menganalisis penerimaan teknologi, dalam hal adopsi dan
penerimaan live shopping di platform TikTok. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kuantitatif. Sampel yang digunakan penulis yakni sebanyak 100 responden,
dengan pengambilan data responden menggunakan teknik accidental sampling yang
merupakan penonton dari live shopping pada platform TikTok akun @skintific_id.
Penelitian ini memiliki 3 indikator yang mengukur efektivitas dari live shopping pada
platform TikTok akun @skintific_id dalam menarik minat beli produk skincare Skintific
di Social Commerce TikTok Shop yaitu pendekatan sumber daya (resource approach),
pendekatan proses (internal approach), dan pendekatan sasaran (goals approach).
Indikator dari variabel efektivitas live shopping pada platform TikTok akun @skintific_id
yang paling berpengaruh dalam menarik minat beli produk skincare Skintific di Social
Commerce TikTok Shop adalah pendekatan proses (Internal Approach) dengan nilai
rata-rata sebesar 5,076. Pendekatan proses ini meliputi usaha yang dilakukan oleh host pada
saat live shopping berlangsung, yaitu seperti memberikan rekomendasi produk yang tepat
bagi para penonton, mengedukasi penonton tentang informasi produk, memberikan
penjelasan mengenai promo yang sedang berjalan, serta menjawab pertanyaan-pertanyaan
penonton yang masih ragu dalam memilih produk yang tepat. Sedangkan, indikator dari
variabel efektivitas live shopping pada platform TikTok akun @skintific_id yang memiliki
nilai rata-rata terendah yaitu indikator pendekatan sumber daya dengan nilai 4,190.
Pendekatan sumber daya ini digunakan untuk mengukur sejauh mana keberhasilan
Skintific dalam menarik pengguna TikTok untuk menonton aktivitas live shopping dari
aspek kualitas audio dan video, tampilan set background, maupun promo-promo yang
diterapkan pada saat live shopping berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
aktivitas live shopping pada Platform TikTok akun @skintific_id terbukti efektif dalam
menarik minat beli produk skincare Skintific di Social Commerce TikTok Shop sebesar
78,7% dan sisanya sebesar 21,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan
dalam model penelitian ini.
Kata Kunci: Efektivitas, Live Shopping, TikTok, Skintific, Minat Beli
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Live Shopping, TikTok, Skintific, Minat Beli |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 04:14 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 04:15 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37643 |
Actions (login required)
View Item |