UMAM, MOHAMMAD CHAERUL (2023) EVALUASI INPLACE DAN ANALISIS MEKANISME PENDORONG PADA LAPISAN “RL” LAPANGAN “MCU” MENGGUNAKAN SIMULATOR MATERIAL BALANCE. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
Abstrak_113190111_Mohammad Chaerul Umam.pdf Download (223kB) |
|
Text
Cover_113190111_Mohammad Chaerul Umam (1).pdf Download (255kB) |
|
Text
Daftar Isi_113190111_Mohammad Chaerul Umam.pdf Download (222kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_113190111_Mohammad Chaerul Umam.pdf Download (197kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_113190111_Mohammad Chaerul Umam.pdf Download (227kB) |
|
Text
Skripsi Full Text_113190111_Mohammad Chaerul Umam.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Lapisan “RL” merupakan lapisan minyak pada Lapangan “MCU” yang mulai
diproduksikan sejak Agustus 1997 dengan jumlah sumur sebanyak 19 sumur produksi
dan dua sumur injeksi gas. Lapisan “RL” memiliki jumlah cadangan original oil in
place (OOIP) sebesar 41.26 MMSTB dengan kumulatif produksi minyak hingga
Februari 2022 adalah 7.78 MMSTB, sehingga nilai current recovery factor adalah
18.86%. Perolehan tersebut dengan menimbang proses produksi yang telah
berlangsung lama dapat memberikan pernyatan bahwa produksi yang dilakukan pada
lapisan ini kurang optimum. Sehingga dalam hal ini, evaluasi inplace dan validasi
mekanisme pendorong dengan menggunakan metode material balance perlu untuk
dilakukan agar dapat melakukan pengurasan pada reservoir dengan optimal serta
memberikan pandangan dalam perencanaan pengembangan di masa mendatang.
Simulasi material balance Lapisan “RL” dimulai dengan persiapan serta penginputan
data kedalam simulator IPM-MBAL berupa data geologi dan geofisika, data properti
batuan, data PVT, data sejarah tekanan, serta data sejarah produksi dan injeksi.
Kemudian dilakukan history matching dengan tujuan untuk mengevaluasi inplace dan
penentuan parameter akuifer menggunakan pendekatan regresi. Selanjutnya dilakukan
validasi terhadap penentuan mekanisme pendorong dengan membandingkan beberapa
metode.
Berdasarkan hasil simulasi material balance didapatkan jumlah inplace sebesar
41.9086 MMSTB sehingga terdapat perbedaan jumlah cadangan dengan inplace statik
yaitu sebesar 1.57%. History matching pada simulator IPM-MBAL diperoleh hasil
penyelarasan tekanan dengan mismatch sebesar 2.83%. Metode penentuan mekanisme
pendorong serta hasil energy plot menyatakan adanya perbedaan hasil. Setelah
dilakukan validasi terhadap berbagai metode tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa
Lapisan “RL” memiliki mekanisme pendorong berupa combination drive antara
solution gas drive, gas cap drive, dan water drive.
Kata kunci: Material Balance, Drive Mechanism, Water Influx
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Material Balance, Drive Mechanism, Water Influx |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 07:24 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 07:24 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37622 |
Actions (login required)
View Item |