RAMADHANI, TARISA (2023) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER-PASIEN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH CILACAP. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Fultext Skripsi_Tarisa Ramadhani_154190050.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
2. Cover Skripsi_Tarisa Ramadhani_154190050.pdf Download (181kB) |
|
Text
3. Halaman Pengesahan Skripsi_Tarisa Ramadhani_154190050.pdf Download (273kB) |
|
Text
4. Daftar Isi Skripsi_Tarisa Ramadhani_154190050.pdf Download (141kB) |
|
Text
5. Abstrak Skripsi_Tarisa Ramadhani_154190050.pdf Download (150kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka Skripsi_Tarisa Ramadhani_154190050.pdf Download (90kB) |
Abstract
Komunikasi menjadi faktor yang menentukan baik buruknya mutu pelayanan dan
kepuasan pasien menjadi indikator pelayanan yang bermutu di rumah sakit. Ketika
berkonsultasi, dokter diharapkan mendengarkan dan tidak tergesa-gesa sehingga
dapat memperhatikan keluhan pasien dengan baik. Keberhasilan komunikasi
interpersonal akan menimbulkan rasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi interpersonal dokter-pasien
terhadap kepuasan pasien di RSUD Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan yaitu
penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sumber data yang digunakan berupa
data primer yang didapatkan dari kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini yaitu teknik probability sampling dengan menggunakan random
sampling. Uji analisis menggunakan software SPSS (Statistical Product and Service
Solutions) 23. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan
antara variabel X dengan variabel Y, dibuktikan dengan hasil perhitungan t hitung
lebih besar dibandingkan t tabel yaitu sebesar 13,040 > 1,661, sehingga Ho ditolak
dan Ha diterima. Tingkat hubungan antar variabel tergolong kuat dengan nilai
koefisien 0,796 yang terletak pada interval 0,60 – 0,799. Hasil koefisien determinasi
(R2) menjelaskan bahwa komunikasi interpersonal dokter-pasien dapat
memengaruhi kepuasan pasien sebesar 63,4%. Sebesar 36,6% dipengaruhi oleh
faktor lainnya.
Kata kunci: Komunikasi interpersonal, Dokter, Kepuasan Pasien.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi interpersonal, Dokter, Kepuasan Pasien |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 06:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 06:21 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37295 |
Actions (login required)
View Item |