Elyondri, Rahma (2021) PERSEPSI PELANGGAN PADA KUALITAS PELAYANAN JASA BIMBEL ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE- PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN INDEKS POTENTIAL GAIN CUSTOMER VALUE (PGCV) (Studi Pada Pelanggan Bimbingan Belajar Ruangguru Ring Road Barat Gamping). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
COVER (1).pdf Download (298kB) |
|
Text
ABSTRAKS.pdf Download (288kB) |
|
Text
DAFTAR ISI (6).pdf Download (124kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (3).pdf Download (294kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN (2).pdf Download (73kB) |
|
Text
Skripsi Fix Rahma Elyondri 152160089.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memgetahui persepsi pelanggan pada kualitas jasa
Bimbel Online Ruangguru Yogyakarta dengan menggunakan metode Importance
Performance Analysis (IPA) dan Indeks Potential Gain Customer Value (PGCV).
Metode pengumpulan data yang digunakan dengan kuesioner google form. Penelitian
ini dilakukan di Ruang Guru Ring Road Barat Gamping Kabupaten Sleman, Daerah
Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan Analisis deskriptif, metode
IPA dan PGCV. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Ruangguru Gamping
Yogyakarta. Penentuan jumlah sampel akan ditentukan dengan level of confidance 90%
dan margin of error sebesar 10% maka didapatkan jumlah sampel sebanyak 100
responden. Teknik sampling yang digunakan adalah Non probability sampling dengan
pendekatan Accidental sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat kesesuaian antara kepentingan
(Importance) pelanggan dan kinerja (performance) perusahaan terhadap kualitas jasa
yang diberikan oleh Bimbel Online Ruangguru Gamping Yogyakarta memiliki rata –
rata tingkat kesesuaian dibawah 100 % yaitu sebesar 96,13%. yang berarti kualitas
layanan Bimbel Online Ruangguru Gamping Yogyakarta kurang atau tidak memenuhi
apa yang dianggap penting oleh pelanggan dan pelayanan belum memuaskan.Metode
Importance Performance Analysis (IPA) dan Potential Gain in Customer Value
(PGCV) memberikan urutan prioritas perbaikan pada kuadran prioritas utama (kuadran
A) dalam diagram kartesius dengan urutan sebagai berikut 1) Pengajar Bimbel Online
Ruangguru mampu menyampaikan materi pembelajaran yang dijelaskan kepada
pelanggan. (2) Pengajar Bimbel Online Ruangguru mampu menjelaskan materi dengan
baik, jelas, dan dimengerti. (P3).
Kata Kunci: Kualitas Jasa, Importance Performance Analysis (IPA), Potential Gain
Customer Value (PGCV)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Jasa, Importance Performance Analysis (IPA), Potential Gain Customer Value (PGCV) |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 06:35 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 06:35 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37214 |
Actions (login required)
View Item |