Fatmawati, Erlin Okta (2023) PENGARUH AGRESIVITAS PAJAK TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_142190039_Erlin Okta Fatmawati.pdf Restricted to Repository staff only Download (903kB) |
|
Text
2. Cover_142190039_Erlin_Okta_Fatmawati.pdf Download (612kB) |
|
Text
3. Abstrak_142190039_Erlin_Okta_Fatmawati.pdf Download (526kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_142190039_Erlin Okta Fatmawati.pdf Download (582kB) |
|
Text
5. Daftar_Isi_142190039_Erlin_Okta_Fatmawati.pdf Download (442kB) |
|
Text
6. Daftar_Pustaka_142190039_Erlin_Okta_Fatmawati.pdf Download (486kB) |
Abstract
vii
ABSTRAK
Suatu perusahaan melakukan tindakan agresivitas pajak dengan tujuan
memperkecil pendapatan kena pajaknya sehingga perusahaan mendapatkan laba
yang lebih besar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh
agresivitas pajak terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR)
pada perusahaan sektor consumer goods. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
apakah agresivitas pajak dapat mempengaruhi pengungkapan CSR dengan
leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan capital intensity sebagai variabel
kontrol. Agresivitas pajak dihitung menggunakan proksi Cash Effective Tax Rates
(CETR). Penelitian ini menggunakan perusahaan sektor consumer goods dengan
periode penelitian 2018-2021. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu metode purposive sampling dengan total sampel penelitian
sejumlah 118 sampel. Teknik analisis yang digunakan yaitu multiple linear
regression. Penelitian ini membuktikan bahwa agresivitas pajak berpengaruh
secara negatif terhadap pengungkapan CSR. Sehingga apabila agresivitas pajak
suatu perusahaan tinggi (CETR rendah) maka pengungkapan CSR yang dilakukan
perusahaan juga tinggi. Variabel kontrol leverage, profitabilitas, dan ukuran
perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR, sedangkan variabel
capital intensity berpengaruh terhadap pengungkapan CSR.
Kata kunci: agresivitas pajak, corporate social responsibility.
viii
ABSTRACT
A company takes tax aggressiveness with the aim of minimizing its taxable income
so that the company gets a bigger profit. The purpose of this study is to determine
the effect of tax aggressiveness on Corporate Social Responsibility (CSR)
disclosure in consumer goods sector companies. This research was conducted to
find out whether tax aggressiveness can affect CSR disclosure with leverage,
profitability, firm size, and capital intensity as control variables. Tax
aggressiveness is calculated using the proxy Cash Effective Tax Rates (CETR). This
study uses consumer goods sector companies with a research period of 2018-2021.
The data collection method used in this study was a purposive sampling method
with a total sample of 118 samples. The analysis technique used is multiple linear
regression. This study proves that tax aggressiveness has a negative effect on CSR
disclosure. So that if a company's tax aggressiveness is high (low CETR), then the
company's CSR disclosure is also high. The control variables leverage,
profitability, and firm size have no effect on CSR disclosure, while the capital
intensity variable has an effect on CSR disclosure.
Keywords: tax aggressiveness, corporate social responsibility.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tax aggressiveness, corporate social responsibility. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 03:24 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 03:24 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37191 |
Actions (login required)
View Item |