AL RIZQI, MUHAMMAD MA’RUF (2023) OPTIMASI BASE MAP ECU JUKEN 5 PADA HONDA VARIO 125 UNTUK MENCARI HORSE POWER MAKSIMUM DENGAN MENGGUNAKAN AGORITMA GENETIKA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Fulltext Skripsi_123170101_Muhammad Ma'ruf AlRizqi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
2. Cover Skripsi_123170101_Muhammad Ma'ruf AlRizqi.pdf Download (248kB) |
|
Text
3. Lembar Pengesahan_Skripsi_123170101_Muhammad Ma'ruf AlRizqi.pdf Download (373kB) |
|
Text
4. Abstrak Skripsi_123170101_Muhammad Ma'ruf AlRizqi.pdf Download (15kB) |
|
Text
5. Daftar Isi Skripsi_123170101_Muhammad Ma'ruf AlRizqi.pdf Download (249kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka Skripsi_123170101_Muhammad Ma'ruf AlRizqi.pdf Download (238kB) |
Abstract
Motor merupakan alat transportasi yang sering digunakan di Indonesia, pada
penggunaanya ada yang digunakan sebagai alat untuk mobilitas dan ada juga yang
menjadikan motor sebagai hobi dan membentuk komunitas atau club motor. Pada pengguna
motor yang menjadikan motor sebagai hobi, sering melakukan modifikasi baik dari sisi
tampilan maupun performa bahkan ada yang memakai motor sebagai alat untuk kompetisi
seperti road race, drag race maupun stunt rider. Pada umumnya base map setelan dari
pabrikan dibuat untuk efisiensi bahan bakar, padahal mesin mempunyai potensi lebih, namun
sebagian besar pecinta modifikasi belum paham bagaimana cara mengubah base map yang
benar, sehingga terdapat suatu celah adanya kesalahan dalam pengaturan jadwal dan jumlah
suplai bahan bakar atau waktu pengapian baik pada motor yang telah di modifikasi bagian
mesin maupun motor setandar pabrikan. Selain itu pada saat ini banyak mekanik balap perlu
melakukan riset yang mengeluarkan banyak biaya hanya untuk melakukan riset base map
yang optimal. Untuk mengoptimasi base map tersebut dibutuhkan suatu cara, salah satunya
Algoritma Genetika. Untuk mengetahui pengaruh horse power diterapkannya metode
algoritma Genetika untuk mengoptimasi basemap ECU juken 5 pada honda vario 125. Hasil
Pengujian Dyno Test pada basemap yang telah dioptimasi menghasilkan output power
maksimal 12 HP (Horse Power) pada putaran mesin 3161 RPM (Rotation Per Minute) dan
torque maksimal 37,08 NM (Newton Meter) pada putaran mesin 1827 RPM.Sedangkan hasil
pengujian Dynotest dengan basemap setandar bawaan motor menghasilkan output power
maksimal 11,4 HP (Horse Power) pada putaran mesin 3231 RPM (Rotation Per Minute) dan
torque maksimal 30,53 NM (Newton Meter) pada putaran mesin 2483 RPM. Pengujian
Dyno tersebut dilakukan pada mesin dyno yang sama dan dilakukan test beberapa kali
hingga di ambil hasil optimal dari masing-masing Basemap. Dari kedua data Hasil uji Dyno
test diatas dapat di ketahui power meningkat 0,6 horse power sedangkan torque naik 6,55
newton meter. Peningkatan Power dan torque tersebut terbilang signifikan dan sangat
berpengaruh pada akselerasi dan top speed motor. Penelitian ini menggunakan AFR(Air Fuel
Ratio) sebagai nilai Fitnes pada Algoritma Genetika dimana nilai fitness sebesar 12.6.
Kata kunci: Optimasi; ECU;Basemap; Algoritma Genetika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Optimasi; ECU;Basemap; Algoritma Genetika |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 08:02 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 08:02 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37062 |
Actions (login required)
View Item |