PENGARUH INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK (Studi pada pengguna Shopee di Provinsi Yogyakarta)

Magdalena, Christine (2023) PENGARUH INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK (Studi pada pengguna Shopee di Provinsi Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of Skripsi Christine Magdalena (153160121).pdf] Text
Skripsi Christine Magdalena (153160121).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Shopee merupakan salah satu merchant e-commerce yang mendapatkan posisi
teratas dalam jumlah kunjungan website. Hal ini menandakan bahwa Shopee
memiliki posisi yang cukup baik pada konsumen. Namun, kerasnya persaingan
pada pasar e-commerce dapat menjadi masalah dan perlu mendapatkan perhatian
khusus dari pihak manajemen Shopee. Jika permasalahan ini tidak segera diatasi,
maka Shopee dapat mengalami kekalahan dalam persaingan bisnis dan dapat
ditinggalkan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
Integrated Marketing Communication Shopee terhadap keputusan pembelian
produk. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode survei. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling dengan
karakteristik pengguna Shopee yang berdomisili di Yogyakarta. Hasil penelitian
membuktikan bahwa terdapat hubungan antara persepsi Integrated Marketing
Communication Shopee terhadap keputusan pembelian produk. Hal ini dapat
terlihat dari nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05.
Besar pengaruh dari kolaborasi dengan Integrated Marketing Communication,
terhadap keputusan pembelian di benak pengguna di Yogyakarta adalah 19,7%. Hal
tersebut berarti bahwa Integrated Marketing Communication berpengaruh terhadap
keputusan pembelian pada pengguna di Yogyakarta sebesar 19,7% sedangkan
sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Integrated Marketing Communication,
Shopee, Yogyakarta
ABSTRACT
Shopee is one of the e-commerce merchants that holds the top position in terms of
website visits. This indicates that Shopee has a favorable position among
consumers. However, the intense competition in the e-commerce market can pose
a problem and requires special attention from Shopee's management. If this issue
is not promptly addressed, Shopee may face defeat in business competition and be
abandoned by consumers. This research aims to analyze the influence of Shopee's
Integrated Marketing Communication on product purchasing decisions. The
method used is quantitative research with a survey method. The sample size in this
study is 100 respondents. The data collection technique used is purposive sampling,
targeting Shopee users residing in Yogyakarta. The research findings prove that
there is a relationship between the perception of Shopee's Integrated Marketing
Communication and product purchasing decisions. This can be seen from the
significance value of 0.000, which is smaller than the significance level of 0.05. The
magnitude of the influence of the collaboration with Integrated Marketing
Communication on purchasing decisions in the minds of users in Yogyakarta is
19.7%. This means that Integrated Marketing Communication has an influence of
19.7% on purchasing decisions among users in Yogyakarta, while the remaining
percentage is influenced by other unexplored variables.
Keywords: Purchasing Decisions, Integrated Marketing Communication,
Shopee, Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Purchasing Decisions, Integrated Marketing Communication, Shopee, Yogyakarta.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 15 Aug 2023 01:24
Last Modified: 15 Aug 2023 01:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36883

Actions (login required)

View Item View Item