STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI PT. BUKIT ASAM

Sari, Tia Puspita (2016) STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI PT. BUKIT ASAM. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Abstrak
Public Relations dan CSR dalam sebuah perusahaan merupakan dua bagian yang
sangat penting bagi aktivitas perusahaan, karena keduanya berhubungan dengan
publik eksternal perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
bagaimana Public Relations mendukung pelaksanaan kegiatan CSR serta
mengetahui program-program CSR apa saja yang dilakukan oleh PT Bukit Asam
sehingga mengetahui hambatan-hambatan serta tanggapan masyarakat terhadap
program CSR yang dilakukan. Melalui penelitian ini pula, diharapkan dapat
memberikan sumbangan ilmu khususnya bagi pengemban ilmu komunikasi dan
dapat pula dijadikan acuan dalam pembuatan program CSR. Dengan
menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan teknik
pengambilan data dengan observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi,
penulis berusaha menganalisis fenomena yang terjadi di lapangan dengan
menggunakan teori yang ditujukan sebagai acuan untuk mengungkap fenomena,
sehingga diketahui bahwa Public Relations berperan dari sebelum dibentuknya
program hingga tahap akhir pelaksanaan program. Hal ini dikarenakan program
CSR adalah program yang ditujukan untuk masyarakat dan Public Relations
berperan sebagai jembatan antara pihak eksternal dan pihak internal perusahaan.
Hubungan antara Public Relations dan CSR sangat penting dalam sebuah
perusahaan, karena CSR adalah tanggung jawab sosial perusahaan dengan
demikian dapat berpengaruh terhadap aktivitas perusahaan. Public Relations
berperan dari sebelum adanya program sampai pada tahap evaluasi program.
Public Relations mendengar apa yang menjadi keluhan dan apa yang masyarakat
butuhkan sehingga CSR akan membuat program yang sesuai. Hal ini ditujukan
agar program CSR yang efektif dan tepat sasaran. Keberhasilan telah didapat
respon-respon positif dari masyarakat terhadap program yang telah dilakukan dan
juga beberapa penghargaan yang didapat oleh PT Bukit Asam.
Kata Kunci: Public Relations, Corporate Social Responsibility (CSR), dan
Stakeholders.

Abstract
Public Relations and CSR within a company are two very important part for the
company's activities, because both are related to the company's external public.
This study was conducted to determine how the Public Relations support the
implementation of CSR and CSR programs know what is being done by PT Bukit
Asam to identify any obstacles and the public response to the CSR program.
Through this research is also expected to contribute to science, especially to
bearers of science communication and can also be used as a reference in making
CSR program. By using descriptive qualitative research method and using the
techniques of data collection through observation, interviews, library research
and documentation, the author seeks to analyze the phenomena that occur in the
field using theory intended as a reference to unravel the phenomenon, so it is
known that the Public Relations role than before the establishment of the program
until the final stage of program implementation. This is because the CSR program
is a program that is intended for the public and Public Relations act as a bridge
between the external and internal parties. Relationship between Public Relations
and CSR is very important in a company, because CSR is a corporate social
responsibility can thus affect the company's activities.
Public Relations play a role from before the program until the evaluation stage of
the program. Public Relations hear what the complaint and what the community
needs so that CSR will make appropriate program . This is intended to allow
effective CSR programs and targeted. The success has been gained positive
responses from the public on the program that has been done and also several
awards obtained by PT Bukit Asam .
Keywords: Public Relations, Corporate Social Responsibility (CSR), and
Stakeholders.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:46
Last Modified: 13 Jun 2016 03:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3596

Actions (login required)

View Item View Item