ROSSI, BERLYNDA AULIA (2023) ANALISIS BEHAVIOR INTENTION PENGGUNA BERDASARKAN PENGALAMAN WISATAWAN MENGGUNAKAN SMART TOURISM TECHNOLOGY (STUDI KASUS: APLIKASI VISITING JOGJA). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
1 Full text_124190008_Berlynda Aulia Rossi.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
2 Cover_124190008_Berlynda Aulia Rossi.pdf Download (306kB) |
|
Text
3 Abstrak_124190008_Berlynda Aulia Rossi.pdf Download (351kB) |
|
Text
4 Lembar Pengesahan_124190008_Berlynda Aulia Rossi.pdf Download (887kB) |
|
Text
5 Daftar Isi_124190008_Berlynda Aulia Rossi.pdf Download (635kB) |
|
Text
6 Daftar Pustaka_124190008_Berlynda Aulia Rossi.pdf Download (300kB) |
Abstract
Smart tourism merupakan penggabungan teknologi informasi dan komunikasi dengan
pariwisata untuk menunjukkan transformasi pariwisata melalui teknologi (Lee, Hunter and
Chung, 2020). Untuk mendukung terbentuknya smart tourism diperlukan berbagai
pengembangan dan pembaharuan infrastruktur teknologi salah satunya dengan
pengembagan Smart Tourism Technology (STT). Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta
(DIY) membangun smart tourism dengan meluncurkan aplikasi mobile Visiting Jogja. Data
kinerja dinas pariwisata DIY menunjukan jumlah wisatawan yang berkunjung ke DIY dari
tahun 2020 hingga 2022 tercatat 12 juta wisatawan. Data ini menunjukan jumlah pengunduh
aplikasi Visiting Jogja hanya 0,083% dari wisatawan yang berkunjung ke DIY. Perlunya
analisis terkait behavior intention pengguna aplikasi Visiting jogja diperlukan untuk
memastikan aplikasi dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang juga dapat bersaing
dengan aplikasi serupa, jika tidak terjadi peningkatan niat pengguna dan pembaharuan pada
aplikasi maka aplikasi ini akan ditinggalkan oleh penggunanya. Penelitian ini ingin
mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi behavior intention Smart Tourism
Technology aplikasi Visiting Jogja.
Penelitian ini mengadopsi model yang dibangun Jeong dna Shin 2020, variabel
eksogen dalam penelitian ini yaitu accessibility, informativeness, interactivity, dan
personalization, kemudian variabel endogen meliputi memorable experience, satisfaction,
dan behavioral intention juga terdapat variabel moderator yang digunakan yaitu
Security/Privacy. Data yang digunakan dalam pengolahan data diperoleh dari penyebaran
kuesioner yang dibangun dari 24 item pertanyaan disebarkan melalui google form,
didapatkan 163 data responden. Data responden diolah menggunakan SmartPLS untuk
analisis deskriptif terkait demografi jawaban responden, dan analisis statistik terkait uji
validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini terdapat lima dari sebelas hipotesis yang diterima. Faktor- faktor
yang berpengaruh terhadap memorable experience dari atribut smart tourism technology
yaitu atribut personalization dengan signifikansi sebesar 4,610 dan atribut accessibility
dengan signifikansi 4,147. Memorable experience berpengaruh terhadap satisfaction dengan
signifikansi 6,436. Selanjutnya terdapat dua faktor yang mempengaruhi behavior intention
yaitu memorable experience signifikansi sebesar 8,592 dan satisfaction dengan signifikansi
2,326. Faktor-faktor tersebut memiliki pengaruh sebesar 40% dalam mempengaruhi
memorable experience atau kenangan, 16,6% dalam mempengaruhi satisfaction atau
kepuasan, 36,3% mempengaruhi behavior intention atau niat perilaku pengguna aplikasi
Visiting Jogja.
Kata kunci: SmartPLS, niat perilaku, Smart Tourism Technology (STT), Visiting Jogja
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SmartPLS, niat perilaku, Smart Tourism Technology (STT), Visiting Jogja |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 07:12 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 07:12 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35874 |
Actions (login required)
View Item |