RESPONS PEMAIN ROBLOX PADA BRAND EQUITY NIKE DALAM ADVERGAME NIKELAND (Studi Kasus pada Ruang Virtual Nikeland oleh Nike pada Video Game Roblox)

Ganendra, Arya Farrel (2023) RESPONS PEMAIN ROBLOX PADA BRAND EQUITY NIKE DALAM ADVERGAME NIKELAND (Studi Kasus pada Ruang Virtual Nikeland oleh Nike pada Video Game Roblox). Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. SKRIPSI FULL PAGE.pdf] Text
1. SKRIPSI FULL PAGE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 3. COVER.pdf] Text
3. COVER.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB)

Abstract

xiii
ABSTRAK
Adanya perkembangan teknologi dan persaingan pada dunia pemasaran, membuat berapa
brand menggunakan media tertentu untuk melakukan pemasaran. Bekerja sama dengan
Roblox, Nike membuat Nikeland sebagai suatu advergame yang dapat memberikan paparan
dan memasarkan brand dan produk Nike dengan sebuah game. Dengan paparan tersebut, maka
para pemain akan memberikan respons yang dapat menentukan brand equity Nike. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui respons para pemain Roblox pada brand equity Nike dalam
advergame Nikeland. Metode yang digunakan adalah kualitatif dan dengan studi deskriptif.
Untuk teori yang digunakan adalah teori media ekologi dan teori uses and gratification. Hasil
penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pada brand awareness yang ditunjukan dari
respons kognitif berupa adanya peningkatan pengetahuan brand dan produk Nike. Kemudian,
dari elemen brand association para pemain merasakan bahwa Nike merupakan brand yang fun,
dan memiliki warna yang colorful. Pada elemen perceived quality ditunjukkan dari respons
afektif, yang menganggap Nikeland seru dan menyenangkan. Terdapat experience positif yang
dihasilkan dari Nikeland secara keseluruhan, seperti gameplay yang ringan, mini-games yang
menyenangkan, kustomisasi dan visualisasi produk yang menarik. Mereka juga tertarik
terhadap beberapa produk Nike yang ditampilkan di Nikeland. Lalu, untuk brand loyalty, tidak
terdapat respons yang mengarah pada elemen tersebut. Respons psikomotorik yang paling jauh
hanya sampai membicarakan dan merekomendasikan Nikeland, serta mencari produk Nike.
Dari respons yang dihasilkan, menujukkan bahwa terdapat peningkatan pada brand equity Nike
yang didominasi pada elemen perceived quality.
Kata kunci: Respons, advergame, Nikeland, brand equity, Nike.
xiv
ABSTRACT
The existence of technological developments and competition in the world of marketing, makes
some brands use certain media to do marketing. In collaboration with Roblox, Nike created
Nikeland as an advergame which can provide exposure and market Nike brands and products
with a game. With this exposure, the players will provide a response that can determine Nike's
brand equity. This study aims to determine the response of Roblox players to Nike's brand
equity in the Nikeland advergame. The method used is qualitative and descriptive study. This
study usesmedia ecology theory and uses and gratification theory. The results showed that there
was an increase in Nike's brand equity. Brand awareness is shown by cognitive responses in
the form of increased knowledge of Nike brands and products. Then, from the brand association
element, the players feel that Nike is a fun brand, and has colorful colors. The perceived quality
element is shown by the affective response, which considers Nikeland exciting and fun. There
are positive experiences generated from Nikeland as a whole, such as light gameplay, fun mini�games, interesting customization and product visualization. They are also interested in several
Nike products displayed at Nikeland. Then, for brand loyalty, there is no response that leads to
that element. The farthest psychomotor responses were only talking about and recommending
Nikeland, and looking for Nike products. From the resulting response, it shows that there is an
increase in Nike brand equity which is dominated by perceived quality elements.
Keywords: Response, advergame, Nikeland, brand equity, Nike.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Respons, advergame, Nikeland, brand equity, Nike.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 15 Feb 2023 04:01
Last Modified: 15 Feb 2023 04:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32684

Actions (login required)

View Item View Item