EVALUASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM OLEH PEMERINTAH KABUPATEN BANYUWANGI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK

Taharsya, Betrica Putri (2022) EVALUASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM OLEH PEMERINTAH KABUPATEN BANYUWANGI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK SKRIPSI_BETRICA PUTRI_153180109.pdf] Text
ABSTRAK SKRIPSI_BETRICA PUTRI_153180109.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of ABSTRAK SKRIPSI_BETRICA PUTRI_153180109.pdf] Text
ABSTRAK SKRIPSI_BETRICA PUTRI_153180109.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of COVER SKRIPSI_BETRICA PUTRI_153180109.pdf] Text
COVER SKRIPSI_BETRICA PUTRI_153180109.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI SKRIPSI_BETRICA PUTRI_153180109.pdf] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI_BETRICA PUTRI_153180109.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_BETRICA PUTRI_153180109.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_BETRICA PUTRI_153180109.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI_BETRICA PUTRI_153180109.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI_BETRICA PUTRI_153180109.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of SKRIPSI_BETRICA PUTRI_153180109.pdf] Text
SKRIPSI_BETRICA PUTRI_153180109.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI_BETRICA PUTRI_153180109.pdf] Text
SKRIPSI_BETRICA PUTRI_153180109.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Lembaga negara saat ini memanfaatkan fitur-fitur media sosial sebagai salah satu
media berkomunikasi untuk publik,salah satunya instagram. Tren media sosial
instagram membentuk pola komunikasi dua arah yang memudahkan lembaga
negara menyebarkan informasi kepada publik melalui berbagai konten foto maupun
video. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu instansi yang
memanfaatkan media sosial instagram @banyuwangi_kab dalam mengurus dan
mencari solusi atas isu publik, mengelola beragam kepentingan publik, dan
memberikan pelayanan publik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi
pemanfaatan media sosial Instagram oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi
sebagai media komunikasi publik. Metode penelitian ini menggunakan metode
analisis deskriptif kualitatif dengan Level Analisis Media Siber, Teori Kekayaan
Media, dan Model Komunikasi Simetris Dua Arah. Hasil penelitian menunjukkan
yang pertama, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam mengakomodasi
informasi pada Instagram @banyuwangi_kab cenderung menyajikan informasi
positif yang menguntungkan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, seperti program
kerja yang telah dilaksanakan dan isu-isu yang dapat diselesaikan. Hal tersebut
mengakibatkan informasi terkait isu infrastruktur publik dan isu sosial yang perlu
dikritisi, minim disajikan dalam Instagram @banyuwangi_kab. Kedua, Media
sosial Instagram @banyuwangi_kab belum dekat dengan masyarakat hal ini karena
kurang berfungsi sebagai alat bantu dari permasalahan yang dilaporkan oleh
masyarakat. Pemanfaatan fitur interaksi seperti komentar, siaran langsung, dan
interaksi dalam cerita masih kurang dioptimalkan sehingga minimnya penyerapan
aspirasi publik melalui Instagram @banyuwangi_kab. Ketiga, kurangnya
pendekatan dengan penggunaan bahasa daerah Banyuwangi yaitu Bahasa Osing
dan penggunaan kalimat ajakan yang dapat digunakan untuk meningkatkan
keterlibatan audiens Instagram @banyuwangi_kab. Keempat, Instagram
@banyuwangi_kab dalam mengakomodasi informasi mengenai kebutuhan publik
dan pengelompokkan informasi kurang dilakukan secara terstruktur.
Kata kunci: evaluasi, pemanfaatan media sosial instagram, komunikasi publik,
pemerintah kabupaten banyuwangi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pemanfaatan media sosial instagram, komunikasi publik, pemerintah kabupaten banyuwangi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 30 Jan 2023 06:52
Last Modified: 30 Jan 2023 07:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32559

Actions (login required)

View Item View Item