“FORMULASI STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA COLDHANDS COFFEE DENGAN ANALIS SWOT (STUDI KASUS PADA COLDHANDS COFFEE GLAGAHSARI)” (Studi Pada Coldhands Coffee di Daerah Istimewa Yogyakarta)

Jati, Reynaldi Sukma (2023) “FORMULASI STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA COLDHANDS COFFEE DENGAN ANALIS SWOT (STUDI KASUS PADA COLDHANDS COFFEE GLAGAHSARI)” (Studi Pada Coldhands Coffee di Daerah Istimewa Yogyakarta). Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of Reynaldi Sukma Jati_152170041_Skripsi Full.pdf] Text
Reynaldi Sukma Jati_152170041_Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

viii
ABSTRAKSI
Reynaldi Sukma Jati, Nomor Induk Mahasiswa 152170041, Jurusan
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembangunan “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitan “Strategi bauran
pemasaran Coldhands Coffee dengan Analisis SWOT (Studi Kasus Pada
Coldhands Coffee Glagahsari)”. Pembimbing 1 (satu) Sauptika Kancana dan
Pembimbing 2 (dua) Meilan Sugiarto.
Coldhands coffee merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri
pengolahan minuman kopi. Persaingan antar kedai kopi di Yogyakarta meningkat
seiring dengan perkembangan industri minuman berbasis kopi yang mengakibatkan
Coldhands coffee harus memiliki strategi yang mampu memenangkan pasar.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi apa yang tepat dan mampu
diterapkan oleh Coldhands coffee serta faktor-faktor yang mempengaruhinya dan
strategi yang menjadi prioritas untuk diterapkan.
Metode penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif dengan
sumber data primer yang diperoleh melalui hasil wawancara dan pengisian
kuisioner terhadap sepuluh orang informan yang dipilih menggunakan teknik
purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk formulasi strategi
pemasaran tersebut adalah analisis lingkungan internal dan analalisis eksternal
mikro untuk mengidentifikasi faktor kunci eksternal dan internal perusahaan yang
berpengaruh pada perusahaan dan diformulasikan strategi melalui 3 (tiga) tahap
melitupi Tahap 1 Input : Matriks EFE dan IFE, Tahap Pencocokan : Matriks SWOT,
dan Tahap 3 Keputusan : Matriks QSPM
Hasil analisis lingkungan internal-eksternal terdapat 12 faktor kunci internal
dan 11 faktor kunci eksternal yang mampu mempengaruhi Coldhands coffee.
Melalui hasil analisis faktor-faktor tersebut memperoleh hasil pencocokan
menggunakan matriks SWOT yaitu 8 alternatif strategi yang dapat diterapkan
Coldhands coffee dengan prioritas strategi menawarkan produk dengan kualitas
yang konsisten dan memberikan promo harga melalui ojek online. Hasil prioritas
strategi pemasaran melalui perhitungan matriks QSPM berpotensi memberikan
dukungan pengembangan Coldhands coffee agar memenangkan pasar dalam
persaingan industri kedai kopi.
Kata Kunci : Strategi pemasaran, matriks IFE, matriks EFE, matriks SWOT,
QSPM

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, matriks IFE, matriks EFE, matriks SWOT, QSPM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:04
Last Modified: 03 Jan 2023 03:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32155

Actions (login required)

View Item View Item