PUTRI, TASYA AMELIA HARDINAL (2022) ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USABILITY PADA WEBSITE E-LEARNING SPADA WIMAYA MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) DAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_124180024_Tasya Amelia Hardinal Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
2. Cover_124180024_Tasya Amelia Hardinal Putri.pdf Download (222kB) |
|
Text
3. Abstrak_124180024_Tasya Amelia Hardinal Putri.pdf Download (202kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_124180024_Tasya Amelia Hardinal Putri.pdf Download (248kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_124180024_Tasya Amelia Hardinal Putri.pdf Download (118kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_124180024_Tasya Amelia Hardinal Putri.pdf Download (208kB) |
Abstract
E-learning merupakan salah satu proses kegiatan belajar mengajar berbasis teknologi
yang diciptakan untuk pembelajaran online dan dapat dilakukan secara mandiri. SPADA
WIMAYA adalah website e-learning yang resmi dioperasikan Universitas Pembangunan
Nasional “Veteran” Yogyakarta sejak September 2020 untuk proses kegiatan belajar
mengajar secara intens selama pandemi. Menurut Lembaga Pengembangan Pembelajaran
dan Penjaminan Mutu (LP3M) UPN Veteran Yogyakarta selaku tim pengembang SPADA
WIMAYA evaluasi yang dilakukan sejauh ini hanya terkait sistem pembelajaran melalui
SPADA WIMAYA, belum dilakukannya analisis dan evaluasi terkait kegunaan dan
pengalaman pengguna yang ditinjau dari sudut pandang mahasiswa sehingga belum
diketahui tingkat evaluasi dan impresi pengguna berdasarkan pengalaman pengguna dan
tingkat kegunaan yang meliputi penerimaan, peringkat dan sifat usability terhadap website
e-learning SPADA WIMAYA. Oleh sebab itu, dilakukannya analisis pengalaman pengguna
yang dilihat dari sudut pandang end-user guna mengetahui bagaimana penilaian dan tingkat
penerimaan serta impresi pengguna terhadap website e-learning dari segi pengalaman
pengguna (User Experience) dan kegunaan (Usability).
Penelitian ini menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) dengan
melakukan pendekatan analisis yang digunakan untuk memastikan manfaat suatu produk
dengan tujuan menciptakan kualitas yang berbeda pada setiap skala (Schrepp, 2019). Tiap�tiap skala pada UEQ yaitu Attractiveness (daya tarik), perspicuity (kejelasan), efficiency
(efisiensi), dependability (ketepatan), stimulation (stimulasi) dan novelty (kebaruan).
Penelitian ini juga menggunakan metode System Usability Scale (SUS) yaitu metode
pengukuran usability yang dikembangkan pada tahun 1986 oleh John Brooke bertujuan
untuk mengevaluasi usability atau kegunaan dengan menginterpretasikan hasil pengukuran
kepada 3 kategori yaitu Acceptability Range, Grade Scale, dan Adjective range (Kesuma,
2021). Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran
kuesioner kepada pengguna SPADA WIMAYA yaitu mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta
dari seluruh fakultas pada angkatan 2018 – 2021. Selanjutnya data yang sudah didapatkan
diolah menggunakan Microsoft Excel untuk mengukur SUS dan UEQ Data Tools untuk
mengukur UEQ.
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah menurut UEQ hasil evaluasi user
experience pada SPADA WIMAYA menunjukkan area positif pada skala perspicuity
(kejelasan) dengan mean sebesar 1,12. Hal ini menunjukkan bahwa website mudah dikenali
dan dipelajari oleh pengguna. Dan juga hasil evaluasi netral pada skala attractiveness (daya
tarik) dengan mean sebesar 0,80, efficiency (efisiensi) mean 0,74, dependability (ketepatan)
mean 0,75, stimulation mean 0,56, dan novelty (kebaruan) mean -0,41. Dan berdasarkan
metode System Usability Scale (SUS) didapatkan bahwa skor rata-rata akhir SUS adalah
sebesar 66 yang mana nilai ini berada sedikit dibawah skor standar SUS yakni sebesar 68.
Acceptability range (tingkat penerimaan) berada pada tingkat “marginal”, Grade scale
(peringkat usability) berada pada kategori “D”, dan adjective rating (sifat usability) website
e-learning SPADA WIMAYA berada pada kategori “good”.
Kata Kunci : e-learning, User Experience, Usability, UEQ, SUS
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-learning, User Experience, Usability, UEQ, SUS |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 06:55 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 06:55 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31867 |
Actions (login required)
View Item |