ANALISIS USER EXPERIENCE PADA APLIKASI E-WALLET (STUDI KOMPARASI TERHADAP PENGALAMAN PENGGUNA DANA DAN LINKAJA) MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)

PUTRI, MARSELINDA AJENG SUWARNO (2022) ANALISIS USER EXPERIENCE PADA APLIKASI E-WALLET (STUDI KOMPARASI TERHADAP PENGALAMAN PENGGUNA DANA DAN LINKAJA) MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_124180023_Marselinda Ajeng Suwarno Putri.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_124180023_Marselinda Ajeng Suwarno Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 3. Abstrak_124180023_Marselinda Ajeng Suwarno Putri.pdf] Text
3. Abstrak_124180023_Marselinda Ajeng Suwarno Putri.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 2. Cover_124180023_Marselinda Ajeng Suwarno Putri.pdf] Text
2. Cover_124180023_Marselinda Ajeng Suwarno Putri.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_124180023_Marselinda Ajeng Suwarno Putri.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_124180023_Marselinda Ajeng Suwarno Putri.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_124180023_Marselinda Ajeng Suwarno Putri.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_124180023_Marselinda Ajeng Suwarno Putri.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_124180023_Marselinda Ajeng Suwarno Putri.pdf] Text
5. Daftar Isi_124180023_Marselinda Ajeng Suwarno Putri.pdf

Download (85kB)

Abstract

Dari banyaknya aplikasi e-wallet yang ada, perlu adanya analisis terhadap user
experience dalam menjalankan aplikasi untuk meningkatkan kepuasan pengguna. Bagian
penting untuk membangun sistem yang baik ialah usability yang baik serta erat hubungannya
dengan user experience. UX berperan penting dalam membangun sebuah sistem, karena UX
dapat menunjukkan bagaimana kenyamanan dan efisiensi yang dirasakan pengguna dalam
memakai sistem tersebut (Kusuma et.al., 2016). Aplikasi Dana dan aplikasi LinkAja
merupakan aplikasi e-wallet yang ada pada saat ini. Pengguna aplikasi LinkAja selalu
beriringan dengan pengguna aplikasi Dana. Alasan lain yang menjadikan aplikasi Dana dan
Aplikasi LinkAja sebagai objek penelitian adalah banyak pengguna aplikasi Dana dan
LinkAja yang mengeluhkan yang berkaitan dengan kerugian pengguna. Mulai dari gangguan
dan error yang terjadi dari aplikasi, saldo yang terpotong tanpa adanya transaksi yang terjadi
serta lain sebagainya. Maka dari itu karena hingga saat ini belum diketahui asumsi dari
pengguna terkait tingkat kegunaan dan belum ada studi yang dilakukan untuk mengetahui
tingkat dari pengalaman pengguna dari aplikasi Dana dan LinkAja.
Penelitian ini menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan User Experience
Questionnaire (UEQ) yang merupakan metode untuk mengukur usability dan user
experience suatu produk, untuk metode System Usability Scale memiliki 10 pertanyaan
dengan 5 skala likert. Kemudian untuk metode User Experience Questionnaire memiliki 6
variabel terdiri dari 26 item pertanyaan atau indikator dengan 7 bobot penilaian. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden pengguna aplikasi Dana dan LinkAja.
Kemudian data yang telah didapatkan diujikan menggunakan bantuan software Microsoft
Excel dan bantuan tools SPSS 26.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah pada metode SUS, aplikasi Dana
menunjukkan hasil rata-rata lebih tinggi yaitu sebesar 70,03 dibanding dengan aplikasi
LinkAja yang memiliki nilai rata-rata 59,08. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi Dana
mudah digunakan oleh pengguna, seluruh fitur dapat diterima dengan baik dan memiliki
kualitas yang cukup baik. Sedangkan aplikasi LinkAja menurut pengguna masih dapat
dipahami dengan baik, sebagian besar fitur masih dapat diterima meski belum secara
keseluruhan oleh pengguna, dan belum memiliki kualitas yang cukup baik serta perlu adanya
sedikit perbaikan. Kemudian untuk hasil analisis user experience menggunakan metode
UEQ pada kedua aplikasi memiliki hasil yang sama. Untuk skala attractiveness, perspicuity,
efficiency, dependability dan stimulation berada pada evaluasi positif, dan aspek novelty
berada pada evaluasi netral. Namun, nilai mean pada aplikasi LinkAja lebih rendah daripada
aplikasi Dana, hal ini menunjukkan bahwa pengguna merasa sedikit lebih puas dan nyaman
menggunakan aplikasi Dana, dan pengalaman pengguna yang dirasakan lebih baik pada
aplikasi Dana.
Kata Kunci : E-Wallet, Metode SUS, Metode UEQ, SPSS

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: E-Wallet, Metode SUS, Metode UEQ, SPSS
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 09 Dec 2022 08:54
Last Modified: 09 Dec 2022 08:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31861

Actions (login required)

View Item View Item