Aflah, Hilmi Faisol (2022) EVALUASI GEOMETRI JALAN ANGKUT TAMBANG PADA PENGANGKUTAN OVERBURDEN DARI FRONT A2 MENUJU DISPOSAL PT. RIUNG MITRA LESTARI JOBSITE KRASSI PT. MANDIRI INTIPERKASA, KALIMANTAN UTARA. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
| ![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text ABSTRAK.pdf Download (31kB) | 
| ![[thumbnail of COVER.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text COVER.pdf Download (68kB) | 
| ![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) | 
| ![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) | 
| ![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (191kB) | 
| ![[thumbnail of SKRIPSI FULL_HILMI.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text SKRIPSI FULL_HILMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | 
Abstract
PT. Mandiri Intiperkasa merupakan perusahaan pertambangan dengan 
komoditas batubara yang berlokasi di Site Krassi, Kabupaten Nunukan, Kalimantan 
Utara. PT. Riung Mitra Lestari menjadi subkontraktor PT. Mandiri Intiperkasa. 
Kegiatan penambangan yang dilaksanakan menggunakan sistem tambang terbuka 
dengan metode open pit.
Aktivitas penambangan meliputi kegiatan penggalian, pemuatan, dan 
pengangkutan. Pengangkutan overburden menjadi salah satu faktor yang penting 
dalam mencapai target produksi, namun dalam proses pengangkutan tidak lepas dari 
perhitungan geometri jalan yang harus dipertimbangkan, karena alat-alat berat 
beroperasi secara massal dan kontinu setiap harinya. Kondisi jalan yang tidak baik 
akan menyebabkan kecelakaan kerja yang berdampak pada terhambatnya laju 
produksi.
Pada kegiatan pengangkutan overburden, jalan tambang merupakan parameter 
penting untuk menunjang kinerja alat angkut. Proses pengangkutan overburden 
menggunakan alat angkut Komatsu HD-785. Penelitian ini dilakukan untuk 
membandingkan geometri jalan aktual yang ada di lapangan dengan standar geometri 
jalan secara teoritis menurut berbagai sumber. Geometri jalan yang menjadi 
penelitian ini meliputi lebar jalan angkut, superelevasi, grade jalan, dan crosslope.
Berdasarkan data aktual penelitian lebar jalan angkut overburden berkisar 
antara 21,2-46 m, sedangkan secara teori lebar jalan minimum adalah sebesar 24 m. 
Data grade jalan yang didapatkan bervariasi, dengan nilai minimum sebesar 0,44% 
pada segmen A-B dan maksimum sebesar 11,5% pada segmen E-F. Nilai
superelevasi didapatkan hasil sebesar 2,1% pada segmen B-C, 1,47% pada segmen 
D-E dan 3,43% pada segmen F-G. Hasil pengamatan di sepanjang jalan angkut 
menunjukkan tidak adanya cross slope. Dari data tersebut menunjukkan bahwa 
beberapa segmen jalan belum memenuhi standar yang telah ditetapkan.
Adanya perbedaan antara data aktual dan teoritis berpengaruh terhadapat 
capaian produktivitas. Perhitungan menunjukkan bahwa dari data aktual lapangan 
didapatkan produktivitas sebesar 111,8 BCM/jam. Setelah dilakukan perbaikan 
menggunakan data teoritis, produktivitas menjadi sebesar 129,1 BCM/jam. Hal 
tersebut menunjukkan adanya peningkatan produktivitas sebesar 17,2 BCM/jam.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | geometri,overburden, disposal, | 
| Subjek: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | 
| Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences | 
| Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri | 
| Date Deposited: | 20 Oct 2022 07:33 | 
| Last Modified: | 20 Oct 2022 07:33 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31433 | 
Actions (login required)
|  | View Item |