PERSEPSI PENGGUNA MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU FLEXING DALAM KONTEN VIDEO YOUTUBE

Kurniawan, Novelix Galih (2022) PERSEPSI PENGGUNA MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU FLEXING DALAM KONTEN VIDEO YOUTUBE. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of Skripsi Novelx Galih Kurniawan - Persepsi Pengguna Media Sosial Terhadap Perilaku Flexing Dalam K.pdf] Text
Skripsi Novelx Galih Kurniawan - Persepsi Pengguna Media Sosial Terhadap Perilaku Flexing Dalam K.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (218kB)

Abstract

Media sosial sebagai bagian dari komunitas jaringan Internet telah berkembang
dengan begitu pesat. Apabila dahulu media sosial berfungsi sebagai media untuk
memenuhi kebutuhan untuk saling berkirim pesan, pada saat ini fungsinya telah
bergeser kepada gaya hidup. Sehingga muncul istilah influencer dan content creator
yang merujuk kepada pengguna media sosial yang membuat konten untuk
dibagikan kepada pengguna media sosial yang lain. Latar belakang penelitian ini
adalah munculnya fenomena yang saat ini disebut flexing. Yaitu konten yang
berisikan pamer gaya hidup mewah dan harta benda yang dibagikan oleh content
creator di media sosial. Salah satu yang paling dikenal di media sosial Indonesia
adalah Doni Salmanan. Penelitian ini bermaksud mencari persepsi dan pemaknaan
pengguna media sosial terhadap perilaku flexing dalam konten video YouTube Doni
Salmanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif
kualitatif yang menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata tertulis atau lisan dari
informan. Rumusan masalah penelitian ini bagaimana persepsi pengguna sosial
media terhadap konten flexing yang dilakukan YouTuber Doni Salmanan. Teori
yang digunakan yaitu Teori Msyarakat Tontonan dan Teori Kontruksi Sosial. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan persepsi yang berbeda-beda dari khalayak. Ada
yang menyukai, tidak suka, dan menerima makna tetapi tidak mau menerapkannya
dalam keseharian. Perbedaan makna dipengaruhi oleh nilai, kebudayaan, dan latar
belakang yang dimiliki dalam individu.
Kata Kunci : Persepsi, Flexing, Media Sosial, YouTube, Doni Salmanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Albarikah, K. R. (2017). Pesan Moral dalam Film (Analisis Isi Kualitatif Pesan Moral Dalam Film Trash). Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta: Skripsi tidak diterbitkan. Albarikah, R. K. (2017). Pesan Moral Dalam Film (Analisis Isi Kualitatif Pesan Moral dalam Film Trash). Anggoro, A. D. (2014). Media, Politik dan Kekuasaan. Antonius, N., & Sarwoyo, V. (2012). Analisis Wacana Logis Berwacana dan Santun Bertutur. Flores: Nusa Indah. BJ, Z. (2011, Januari 12). 72 Persen Keluarga Indonesia Pengguna Sepeda Motor. Diambil kembali dari www.otomotif.kompas.com: https://otomotif.kompas.com/read/2011/01/12/14370870/72.Persen.Keluar ga.Indonesia.Pengguna.Sepeda.Motor Eriyanto. (2011). Analisis Isi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Fuchs, C. (2007). Internet and Society: Social Theory in the Information Age. Rouletge. Iksanti, I. N. (2018). Sikap Remaja Terhadap Tayangan Vlog. Kurniawan, F. (2019, Juli 3). Konten Paling Populer di YouTube Indonesia: Vlog Keluarga. Diambil kembali dari www.tirto.id: https://tirto.id/konten�paling-populer-di-youtube-indonesia-vlog-keluarga-edwU Lutfiasari, N. F. (2016). Hubungan Antara Pengguna Jejaring Sosial Facebook Dengan Perilaku Menyimpang Siswa MAN Klaten, Skripsi tidak diterbitkan, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Klijaga. Manuaba, I. B. (2008). Memahami Teori Konstruksi Sosial. Muryatma, N. M. (2018). Hubungan Antara Faktor Keselamatan Berkendara dengan Perilaku Keselamatan Berkendara. Jurnal Promosi dan Pendidikan Kesehatan Indonesia. Dipetik Maret 28, 2019, dari https://e�journal.unair.ac.id/PROMKES/article/view/7735 Nasrullah, R. (2015). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama media. Permana, A. (2018, Mei 31). Fakta Menarik Riset Google tentang Perkembangan YouTube di Indonesia. Diambil kembali dari www.trentech.id: https://www.trentech.id/fakta-perkembangan-youtube-di-indonesia/ 95 Sari, N. R. (t.thn.). Analisis Isi Pesan Dalam Rubrik People Majalah Glow Up Edisi September 2009-Januari 2010. Program Studi Ilmu Komunikasi dan Dakwah Islam Universitas Islam Negeri (UIN). Syam, N. (2016). Media Sosial Interaksi, Identitas dan Modal Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group. Wirga, E. W. (2017). Analisis Konten Pada Media Sosial Video Youtube Untuk Mendukung Strategi Kampanye Politik. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 21(1). Kawasati, R. (2019). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Skripsi. Program Sarjan (S1) Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Sorong. Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1). Ani, N. A. I. (2020). Personal Branding Youtuber Nomor Satu di Indonesia. Jurnal Mozaik Komunikasi, 2(2). Pertiwi, R. A., & Fuady, M. E. (2021). Hubungan Tayangan Vlog Aksi Sosial dalam Channel Youtube Bapau dengan Perilaku Subscribers Berbuat Kebaikan. Zulfa, N. Q., Zabidi, H., & Ma'mun, M. Y. (2021). Konten Kreatif Youtube Sebagai Sumber Penghasilan Ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Musyarakah: Journal Of Islamic Economic (MJSE), 1(2), 110-120. Annastasia, G. E. (2020). Pengaruh Konten Prank dalam Youtube terhadap Sikap Negatif Mahasiswa Universitas Sumatera Utara. https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-content-creator/#.YwhNX3VBzIU, diakses pada 5 juni 2022 pkl 13:22 WIB https://tirto.id/arti-flexing-asal-usul-katanya-yang-ramai-di-media-sosial-gpgJ, diakses pada 28 Februari 2022 pkl 13:00 WIB https://regional.kompas.com/read/2022/03/02/060600478/sosok-indra-kenz-crazy�rich-medan-yang-jadi-tersangka-kasus-binomo-pernah, diakses pada 26 April pkl 12:56 WIB https://www.suara.com/news/2022/01/16/113115/siapa-doni-salmanan-dan-dari�mana-sumber-kekayaannya, diakses pada 28 Februari pkl 15:15 WIB https://www.suara.com/tekno/2021/02/15/153000/youtube-rajai-media-sosial-di�indonesia, diakses pada 3 Mei 2022 pkl 14:02 WIB 96 https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/flexing-fenomena-pamer-harta-demi�terlihat-cepat-kaya-1xkIuyQ2d8H, diakses pada 24 April pkl 20:00 WIB https://akurat.co/mengenal-flexing-berawal-dari-bahasa-gaul-bisa-jadi-strategi�marketing, diakses pada 24 April 2022 pkl 20:00 WIB https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/, diakses pada 6 Mei 2022 pkl 17:00 WIB https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220316115125-33-323224/sebelum�crazy-rich-ini-jejak-digital-profesi-doni-salmanan, diakses pada 7 Agustus 2022 pkl 15:25 WI
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:08
Last Modified: 03 Oct 2022 07:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31212

Actions (login required)

View Item View Item