Ardiyanti, Vanissa Zera (2022) ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI INFLUENCER DALAM FILM “THE AMERICAN MEME”. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.
Text
COVER Vanissa Zera Ardiyanti-Skripsi-Ilmu Komunikasi-FISIP-2022.pdf Download (144kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA Vanissa Zera Ardiyanti-Skripsi-Ilmu Komunikasi-FISIP-2022.pdf Download (158kB) |
|
Text
PENGESAHAN Vanissa Zera Ardiyanti-Skripsi-Ilmu Komunikasi-FISIP-2022.pdf Download (525kB) |
|
Text
ABSTRAK Vanissa Zera Ardiyanti-Skripsi-Ilmu Komunikasi-FISIP-2022.pdf Download (131kB) |
|
Text
Vanissa Zera Ardiyanti-Skripsi-Ilmu Komunikasi-FISIP-2022.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR ISI Vanissa Zera Ardiyanti-Skripsi-Ilmu Komunikasi-FISIP-2022.pdf Download (179kB) |
|
Text
Vanissa Zera Ardiyanti-Skripsi-Ilmu Komunikasi-FISIP-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
i
ABSTRAK
Film “The American Meme” menceritakan munculnya fenomena baru di media
sosial yang marak diperbincangkan yaitu kehadiran Influencer. Film “The
American Meme” juga ingin mencoba mengetahui lebih dalam ketenaran dari
seorang Influencer yang berhasil mereka dapatkan melalui media sosial. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui representasi Influencer dalam film “The American
Meme” dengan menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Pada film
“The American Meme” terdapat scene-scene yang mengandung makna terkait
representasi Influencer yang nantinya akan dianalisis menggunakan semiotika
Charles Sanders Peirce. Yaitu dengan model segitiga makna yang terdiri dari tiga
elemen utama yaitu sign, object dan interpretant. Pada penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretif, di mana peneliti
melakukan pengamatan secara menyeluruh dengan menelaah tanda-tanda yang
berupa teks, gambar, suara, dan unsur-unsur audio, visual lainnya. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles & Huberman yaitu
terdiri dari kondensasi data, penyajian data (data display) dan penarikan
kesimpulan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan analisis teks dan
gambar dengan cara menonton dan mengamati dialog antar tokoh dan
mendokumentasikan beberapa scene, teks dalam film “The American Meme” yang
merepresentasikan Influencer dan juga melakukan studi kepustakaan dengan
mengkaji berbagai literatur yang relevan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan
bahwa terdapat representasi Influencer film “The American Meme” yang peneliti
klasifikasikan menjadi tiga jenis yaitu Influencer yang menginformasikan,
mempersuasi dan menghibur. Selain itu, peneliti juga mengkategorikan seseorang
layak menjadi seorang Influencer menjadi tiga yaitu jangkauan, resonansi dan
relevansi.
Kata Kunci : Influencer, Film, Media Sosial
ii
ABSTRACT
The film "The American Meme" tells of the emergence of a new phenomenon on
social media that is widely discussed, namely the presence of Influencers. The film
"The American Meme" also wants to try to find out more about the fame of an
Influencer that they managed to get through social media. This research aims to
determine the representation of Influencers in the film "The American Meme" by
using Charles Sanders Peirce's semiotic analysis. In the film "The American Meme"
there are scenes that contain meaning related to the representation of Influencers
which will later be analyzed using Charles Sanders Peirce's semiotics. Namely with
a triangle model of meaning which consists of three main elements, namely sign,
object and interpretant. This research uses qualitative research methods with an
interpretive approach, in which researchers conduct thorough observations by
examining signs in the form of text, images, sounds, and other audio and visual
elements. The data analysis technique used in this research is the Miles &
Huberman model consisting of data condensation, data display and conclusion
drawing. While the data collection technique uses text and image analysis by
watching and observing dialogue between characters and documenting several
scenes, the text in the film "The American Meme" which represents Influencers and
also conducts a literature research by reviewing various relevant literature. The
results of this research indicate that there is a representation of “The American
Meme” movie Influencers which the researchers classify into three types, namely
Influencers who inform, persuade and entertain. In addition, the researcher also
categorizes someone who deserves to be an Influencer into three, namely reach,
resonance and relevance.
Keywords : Influencer. Film, Social Media
3
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Influencer. Film, Social Media |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 01:58 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 01:58 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31136 |
Actions (login required)
View Item |