HUBUNGAN ANTARA GAYA KOMUNIKASI GURU DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA (Studi Korelasi Gaya Komunikasi Guru Dengan Pretasi Akademik Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Pakem Yogyakarta)

Kurniawati, Dewi (2011) HUBUNGAN ANTARA GAYA KOMUNIKASI GURU DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA (Studi Korelasi Gaya Komunikasi Guru Dengan Pretasi Akademik Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Pakem Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKpdf.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Komunikasi memiliki peran disegala bidang, terlebih lagi dalam dunia pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu kegiatan yang tidak bisa berjalan tanpa adanya komunikasi atau dengan kata lain tidak ada perilaku pendidikan yang tidak menggunakan komunikasi sebagai sarana mengajar. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk mengambil judul penelitian “Hubungan antara gaya komunikasi guru dengan prestasi akademik siswa di SMP Negeri 2 Pakem Yogyakarta”. Rumusan penelitian ini adalah “Adakah hubungan antara gaya komunikasi guru dengan prestasi akademik siswa SMP Negeri 2 Pakem Yogyakarta”. Tujuan penelitian ini ad alah untuk mengetahui hubungan antara gaya komunikasi guru dengan prestasi siswa SMP Negeri 2 Pakem Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teori S- O-R (Stimulus-Organisme-Respon), dan model ABX Newcomb. Jenis penelitian in i adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian adal ah siswa kelas VIII di SMP 2 Pakem Yogyakarta. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi Spearman Rank . Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima, yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara gaya komunikasi guru dengan prestasi akademik siswa. Sehingga teori yang digunakan dalam penelitian ini terbukti dan menunjukan bahwa gaya komunikasi yang baik dan tepat bagi siswa akan membantu siswa dalam meningkatkan prestasi akademik siswa. Gaya komunikasi terbagi menjadi tiga yaitu gaya komunikasi pasif, asertif, dan agresif. Dari ketiga gaya komunikasi tersebut hanya gaya komunikasi asertif yang memiliki hubunga n positif, maksudnya adalah semakin gaya komunikasi asertif sering digunakan oleh guru maka gaya komunikasi tersebut akan membantu siswa dalam me mahami materi pelajaran sehingga siswa dapat meningkatkan prestasi akademiknya. Gaya komunikasi guru dalam mengajar sebaiknya digunakan sesuai dengan karakter siswa, dengan efektifnya gaya komunikasi tersebut maka akan secara langsung atau tidak mempengaruhi prestasi siswa. Kata kunci : komunikasi, gaya komunikasi, guru, prestasi, siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 07 Jun 2016 02:17
Last Modified: 07 Jun 2016 02:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3089

Actions (login required)

View Item View Item