MASYOGI, VIKRI ALIM (2022) ANALISIS USABILITY PADA LAYANAN UMUM (WIFI GRATIS) DAN LAYANAN KESEHATAN (PENDAFTARAN VAKSINASI) PADA APLIKASI JOGJA SMART SERVICE MENGGUNAKAN METODE USE QUESTIONNAIRE. Diploma thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
| ![[thumbnail of Skripsi Fulltext (Cover-Lampiran).pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Skripsi Fulltext (Cover-Lampiran).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | 
| Preview | Text Abstrak.pdf Download (348kB) | Preview | 
| Preview | Text Daftar Isi.pdf Download (351kB) | Preview | 
| Preview | Text Daftar Pustaka.pdf Download (459kB) | Preview | 
| Preview | Text Halaman Judul.pdf Download (174kB) | Preview | 
| Preview | Text Halaman Pengesahan Pembimbing dan Penguji.pdf Download (370kB) | Preview | 
| Preview | Text Halaman Pengesahan Pembimbing.pdf Download (288kB) | Preview | 
Abstract
ABSTRAK
Pertambahan jumlah penduduk dari tahun ke tahun serta kegiatan dan pelayanan 
masyarakat yang semakin banyak menjadikan pengelolaan kota menjadi semakin 
kompleks. Kondisi tersebut menuntut Pemerintah Daerah untuk dapat memaksimalkan 
potensi pengembangan pelayanan yang dimiliki serta meminimalisir kendala atau masalah 
yang ada saat ini. Dalam perkembangan dunia saat ini, internet juga sangat mendukung 
dalam setiap kegiatan pemerintahan apalagi dengan keadaan Pandemi yang diakibatkan 
oleh Covid-19 yang dimulai pada awal tahun 2020. Pandemi kali ini telah merugikan 
banyak pihak dan menghambat berlangsungnya setiap kegiatan yang ada pada 
pemerintahan dan penduduk terutama di kota Yogyakarta. Pemerintah daerah Kota 
Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian 
(Diskominfosan) Kota Yogyakarta membuat suatu aplikasi smart city dengan bertujuan 
memberikan pelayanan secara digital yaitu bernama Jogja Smart Service (JSS). Tujuan 
pembuatan aplikasi Jogja Smart Service (JSS) sangat membantu masyarakat dalam banyak 
pelayanan yang ada di Kota Yogyakarta dalam mendukung smart city dengan 
memudahkan pengguna dengan berbagai layanan dan fitur yang ada di Kota Yogyakarta.
Dari survey yang dilakukan terdapat data yang menunjukan bahwa 62,5 %
masyarakat pengguna aplikasi mengalami kurang puas dalam penggunaan aplikasi dalam 
hal fungsi dan penggunaan yang tepat. Dengan hal ini dalam pengembangan aplikasi juga 
membutuhkan bagaimana aplikasi dapat berjalan dan digunakan dengan baik dengan 
memberikan evaluasi berupa penggunaan atau usability aplikasi Jogja Smart Service (JSS) 
khususnya pada layanan Wifi Gratis dan layanan Pendaftaran Vaksinasi pada aplikasi. 
Pengujian aplikasi menggunakan metode USE Questionnaire. Menurut standar 
internasional ISO, usability memiliki tiga aspek yaitu efisiensi, efektivitas, dan kepuasan. 
Ketiga aspek tersebut memiliki korelasi yang saling mempengaruhi antara parameter 
Usefulness dan Ease of Use pada metode USE questionnaire. (Aelani, K., 2012). Beberapa 
penelitian dari jurnal referensi, penelitian memiliki kemiripan dalam membahas topik 
mengenai Jogja Smart Service namun berbeda dengan hal yang diujikan, analisis yang 
dilakukan juga merupakan kepuasaan pengguna tanpa ada ketergunaan.
Hubungan antara Usefulness dan Satisfaction yang memperoleh nilai 0.442, Selanjutnya 
hubungan antara Ease to Use dengan Satisfaction yang memperoleh nilai 0.301 dan 
hubungan antara Ease of Learning dengan Satisfaction yang memperoleh nilai 0.203. 
Factor dalam usability ada terdapat 4 variabel yang berasal dari metode use questionnaire 
yaitu Usefulness, Ease to Use, Ease of Learning dan Satisfaction dengan nilai rata” setiap 
variabel adalah 4.04, 3.97, 4.13, 3.99 .
ABSTRACT
The increasing number of residents from year to year and the increasing number of 
community activities and services make city management more complex. This condition 
requires the Regional Government to be able to maximize the potential for developing the 
services they have and to minimize the current constraints or problems. In today's world 
developments, the internet is also very supportive in every government activity, especially 
with the pandemic situation caused by Covid-19 which began in early 2020. This pandemic 
has harmed many parties and hampered the ongoing activities of the government and the 
population, especially in the city of Yogyakarta. The local government of the City of 
Yogyakarta in collaboration with the Department of Communication, Informatics and 
Encryption (Diskominfosan) of the City of Yogyakarta created a smart city application 
with the aim of providing digital services, namely the Jogja Smart Service (JSS). The 
purpose of making the Jogja Smart Service (JSS) application is to really help the 
community in the many services that exist in the city of Yogyakarta in supporting the 
smart city by facilitating users with various services and features in the city of Yogyakarta.
From the survey conducted, there are data showing that 62.5% of the application 
user community is not satisfied with the use of the application in terms of proper function 
and use. With this, application development also requires how the application can run and 
be used properly by providing an evaluation in the form of the use or usability of the Jogja 
Smart Service (JSS) application, especially on the Free Wifi service and the Vaccination 
Registration service on the application. Application testing using the USE Questionnaire 
method. According to the ISO international standard, usability has three aspects, namely 
efficiency, effectiveness, and satisfaction. These three aspects have a mutually influencing 
correlation between the Usefulness and Ease of Use parameters in the USE questionnaire 
method. (Aelani, K., 2012). Several studies from reference journals, the research has 
similarities in discussing the topic of Jogja Smart Service but is different from the things 
tested, the analysis carried out is also user satisfaction without any usability.
The relationship between Usefulness and Satisfaction which obtained a value of 
0.442, then the relationship between Ease to Use and Satisfaction which obtained a value 
of 0.301 and the relationship between Ease of Learning and Satisfaction which obtained a 
value of 0.203. Factors in usability there are 4 variables that come from the use 
questionnaire method, namely Usefulness, Ease to Use, Ease of Learning and Satisfaction 
with the average value of "each variable is 4.04, 3.97, 4.13, 3.99.
| Item Type: | Thesis (Diploma) | 
|---|---|
| Subjek: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science | 
| Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science | 
| Depositing User: | Eny Suparny | 
| Date Deposited: | 08 Mar 2022 02:22 | 
| Last Modified: | 08 Mar 2022 02:22 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28650 | 
Actions (login required)
|  | View Item |