Astari, Devi Wening (2021) KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus Komunikasi Pelayanan Publik Kejaksaan Negeri Sleman Dalam Mengembangkan Inovasi Layanan “Tilang”). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (547kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER TESIS (1).pdf Download (146kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTARPUSTAKA.pdf Download (429kB) | Preview |
![]() |
Text
Full Thesis S2 Devi Wening Astari (253180019).pdf Restricted to Repository staff only Download (36MB) |
Preview |
Text
PENGESAHAN ACC SIDANG.pdf Download (15MB) | Preview |
Preview |
Text
Full Thesis S2 Devi Wening Astari (253180019).pdf Download (36MB) | Preview |
Abstract
Komunikasi pelayanan publik yang efektif diperlukan untuk mengoptimalkan
pelayanan publik. Penelitian bertujuan menganalisis aliran pesan komunikasi,
hambatan, serta media komunikasi pada optimalisasi inovasi pelayanan publik
Tilang Kejaksaan Negeri Sleman. Penelitian menggunakan pendekatan Teori
informasi organisasi Karl Weick. Data diperoleh melalui wawancara, observasi,
studi dokumentasi, teknik analisis data interaktif Miles Huberman, pengujian
keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
aktivitas komunikasi pada optimalisasi inovasi pelayanan publik Tilang melalui
komunikasi dawn ward, upward dan horisontal berjalan cukup baik dan
menghasilkan inovasi baru pada pelayanan publik Tilang yaitu kerjasama dengan
Kantor Pos Yogyakarta untuk pembayaran denda Tilang dan pengantaran barang
bukti Tilang. Pada aktivitas komunikasi tersebut masih ditemukan hambatan berupa
hambatan teknis; penguasaan metode, teknik komunikasi tidak tepat, serta
kurangnya pemanfaatan sarana prasarana, kemampuan komunikasi yang berbedabeda, dan hambatan perilaku; sikap pegawai yang kurang memiliki sense of
mission, egois, persepsi apriori, beberapa pegawai tidak mau berubah. Media
komunukasinya antaralain: surat tertulis (nota dinas, memorandum, surat perintah),
papan pengumuman, pengeras suara, media sosial, telepon kantor, handphone,
media cetak; banner, poster, sticker. Kejaksaan Negeri Sleman diharapkan
meningkatkan intensitas komunikasi, mengoptimalkan pemanfaatan media
komunikasi internal dan eksternal, menunjuk content creator agar komunikasi pada
optimalisasi inovasi pelayanan kedepannya semakin efektif.
Keyword: komunikasi pelayanan publik, inovasi pelayanan publik, aliran
komunikasi, hambatan komunikasi, media komuniksi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi pelayanan publik, inovasi pelayanan publik, aliran komunikasi, hambatan komunikasi, media komuniksi |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 07:58 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 07:58 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28422 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |