MAULIDINA, MEGA (2021) ANALISIS POSITIONING PRODUK MIE GORENG INSTAN BERDASARKAN ATRIBUT PRODUK DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING (MDS) (Studi Pada Pengunjung Mirota Kampus Babarsari Yogyakarta). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL MEGA MAULIDINA 152170010.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (315kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI (1).pdf Download (92kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf Download (133kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (87kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (75kB) | Preview |
Abstract
Mega Maulidina, Nomor Mahasiswa 152170010, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul Penelitian “Analisis
Positioning Produk Mie Goreng Instan Berdasarkan Atribut Produk Dengan
Metode Multidimensional Scaling”. Dosen Pembimbing I Sauptika Kancana, S.S,
M.Si. dan Dosen Pembimbing II Dr. Adi Soeprapto, S.Sos, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat perceptual mapping terhadap
produk mie goreng instan berdasarkan persepsi konsumen dan menganalisis faktor
atau atribut apa saja yang menjadi keunggulan dari masing-masing produk mie
goreng instan. Populasi pada penelitian ini yaitu pengunjung Mirota Kampus
Babarsari Yogyakarta. Ukuran sampel dalam penelitian ini sebanyak 100
responden. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling
dengan teknik purposive sampling.
Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis
data dalam penelitian ini menggunakan analisis multidimensional scaling. Hasil
penelitian ini berdasarkan 9 atribut produk yaitu variasi produk, kualitas, desain,
fitur, merek, kemasan, ukuran, layanan, dan jaminan.
Hasil dari peta persepsi yaitu produk mie goreng instan merek Sarimi dan
Supermi yang saling berdekatan dipersepsikan memiliki kemiripan oleh
konsumen. Sedangkan produk mie goreng instan merek Indomie, Mie ABC, dan
Mie Sedaap yang saling tidak berdekatan dipersepsikan berbeda serta tidak
memiliki kemiripan secara langsung.
Produk mie goreng instan merek Indomie memiliki positioning paling baik
dan unggul pada 8 (delapan) atribut produk jika dibandingkan dengan produk mie
goreng instan merek Mie ABC, Mie Sedaap, Sarimi, dan Supermi. Indomie
menjadi pemimpin pasar (market leader) hingga saat ini serta masih tetap eksis
dan bertahan untuk tetap mengembangkan produknya menjadi lebih baik lagi.
Kata kunci: Positioning, Persepsi, Multidimensional Scaling (MDS), Mie Goreng
Instan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Positioning, Persepsi, Multidimensional Scaling (MDS), Mie Goreng Instan |
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 28 Nov 2021 05:39 |
Last Modified: | 28 Nov 2021 05:39 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/27164 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |