KONSTRUKSI IDENTITAS MAHASISWA PENGGEMAR KOPI DI YOGYAKARTA (STUDI FENOMENOLOGI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UPN “VETERAN” YOGYAKARTA)

Apriani, Ida Nur (2020) KONSTRUKSI IDENTITAS MAHASISWA PENGGEMAR KOPI DI YOGYAKARTA (STUDI FENOMENOLOGI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UPN “VETERAN” YOGYAKARTA). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Judul Skripsi.pdf]
Preview
Text
1. Judul Skripsi.pdf

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of 2. Ringkasan (abstrak).pdf]
Preview
Text
2. Ringkasan (abstrak).pdf

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of 3. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 4. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
4. Daftar Pustaka.pdf

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of 5. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
5. Lembar Pengesahan.pdf

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of FULL SKRIPSI IDA NUR APRIANI 153160067.pdf] Text
FULL SKRIPSI IDA NUR APRIANI 153160067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Budaya ngopi yang sudah ada sejak era 1800-an kini berkembang di lingkungan
masyarakat urban. Berawal dari sebuah kopi instan yang kemudian beralih pada
sebuah kopi hitam khas kedai kopi, muncul istilah penggemar kopi yang ditujukan
bagi mereka yang menyukai minuman itu. Fenomena budaya ngopi pun berjalan
mengikuti arus dan mampu mengajak mahasiswa untuk terjun ke dalamnya, tak
terkecuali bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identifikasi konstruksi identitas
mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta angkatan 2016, 2017,
dan 2018 sebagai penggemar kopi. Selain itu, untuk mengetahui identitas
berdasarkan kunjungan dan fenomena atas maraknya kedai kopi di Yogyakarta,
maka dalam penelitian ini teori yang digunakan yaitu konstruksi identitas,
fenomenologi, dan konstruksi sosial. Metode penelitian menggunakan kualitatif
deskriptif dengan pendekatan fenomenologi, sedangkan untuk metode
pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam terhadap
enam informan. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan fenomena dan
pengalaman individu adanya identifikasi sebagai mahasiswa penggemar kopi.
Dalam penelitian ini, terdapat identifikasi yang berkaitan citra diri, selera
minuman, gaya hidup, kebiasaan, serta tempat tujuan berdasarkan kebutuhan
mahasiswa. Melalui pendekatan fenomenologi, menunjukkan konstruksi identitas
membentuk konstruksi sosial yang tercipta dari pengalaman individu dengan kopi.
Mahasiswa dan kopi adalah sebuah realitas sosial yang harus diakui.
Kata kunci: konstruksi identitas, penggemar kopi, fenomenologi, konstruksi sosi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: konstruksi identitas, penggemar kopi, fenomenologi, konstruksi sosial
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Aug 2021 08:19
Last Modified: 18 Aug 2021 08:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26539

Actions (login required)

View Item View Item