Lahagu, Nevily Nia Sanata (2020) PENENTUAN RUTE OPTIMAL DISTRIBUSI PRODUK DENGAN KARAKTERISTIK MULTI TIME WINDOWS, MULTI PRODUCT, HETEROGENEOUS FLEET, DAN LATENESS PENALTIES (Studi Kasus di PT Lingkar Organik, Juwangen, Purwomartani, Kalasan). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
NEVILY_122160026_Laporan TA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
Text
NEVILY_122160026_Cover.pdf Download (112kB) | Preview |
Preview |
Text
NEVILY_122160026_Abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
Preview |
Text
NEVILY_122160026_Daftar Isi.pdf Download (11kB) | Preview |
Preview |
Text
NEVILY_122160026_Daftar Pustaka.pdf Download (123kB) | Preview |
Preview |
Text
NEVILY_122160026_Scan Lembar Pengesahan.pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
PT Lingkar Organik merupakan unit pemberdayaan ekonomi yang menjalin
kerja sama dengan beberapa komunitas tani untuk memproduksi bahan makanan
organik. Beberapa produk tersebut disalurkan secara mandiri ke lima belas retail di
daerah Yogyakarta. Namun, pelaksanaan proses distribusi tersebut masih belum
optimal karena produk yang disalurkan bervariasi, adanya kendala berupa batasan
waktu pelayanan pada masing-masing retail, kendaran yang digunakan untuk
distribusi bersifat heterogen, dan berlakunya pinalti jika terjadi keterlambatan
pengiriman produk. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menentukan
rute optimal distribusi produk dengan karakteristik multi time windows, multi
product, heterogeneous fleet, dan berlakunya lateness penalties. Pendekatan masalah penentuan rute optimal distribusi produk pada
penelitian ini diselesaikan dengan metode Genetic Algorithm (GA) dan
menggunakan bantuan perangkat lunak Matlab seri R2018a. Parameter GA yang
digunakan yaitu 100 populasi dan 250 iterasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rute optimal yang diusulkan lebih baik
dibandingkan dengan kebijakan awal perusahaan dalam hal total jarak dan waktu
tempuh kendaraan. Hasil tersebut berimplikasi pada penghematan biaya distribusi
sebesar 40%. Penelitian yang dilakukan telah berkontribusi pada perbaikan sistem
distribusi perusahaan, akan tetapi baru mempertimbangkan pinalti pada
keterlambatan pengiriman dan kondisi multi product dengan single due date. Oleh
karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk pinalti kedatangan
kendaraan yang lebih awal dan kondisi multi product dengan multi due date.
Kata kunci: distribusi, multi time windows, multi product, heterogeneous fleet,
lateness penalties, genetic algorithm
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | distribusi, multi time windows, multi product, heterogeneous fleet, lateness penalties, genetic algorithm |
Subjek: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 07:57 |
Last Modified: | 30 Jul 2021 07:57 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26383 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |