REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN SHOPEE VERSI CRISTIANO RONALDO DI YOUTUBE (Analisis Semiotika Menurut Roland Barthes)

Satria, Agid Bayu (2020) REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN SHOPEE VERSI CRISTIANO RONALDO DI YOUTUBE (Analisis Semiotika Menurut Roland Barthes). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT_153160178_AGID BAYU SATRIA.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TEXT_153160178_AGID BAYU SATRIA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN_153160178_AGID BAYU SATRIA.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN_153160178_AGID BAYU SATRIA.pdf

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_153160178_AGID BAYU SATRIA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_153160178_AGID BAYU SATRIA.pdf

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI_153160178_AGID BAYU SATRIA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI_153160178_AGID BAYU SATRIA.pdf

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of COVER_153160178_AGID BAYU SATRIA.pdf]
Preview
Text
COVER_153160178_AGID BAYU SATRIA.pdf

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK_153160178_AGID BAYU SATRIA.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK_153160178_AGID BAYU SATRIA.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mencoba menggali tanda-tanda yang merepresentasikan maskulinitas
dalam iklan Shopee 9.9 Super Shopping Day versi Cristiano Ronaldo. Penelitian ini
bermula dari kemunculan iklan Shopee yang menggunakan pesepakbola terkenal
untuk meraih perhatian penonton dan pengguna Shopee terutama kaum laki-laki.Hal
ini karena pada penelitian sebelumnya telah ditemukan, mayoritas pengguna Shopee
adalah perempuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika
oleh Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika dengan
metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis semiotika Roland
Barthes dan menggunakan 4 dari 9 formula semiotika. Hasil penelitian ini adalah
adanya representasi maskulinitas dalam beberapa scene pada iklan ini.Representasi
maskulinitas dalam iklan Shopeeversi Cristiano Ronaldo ini menggambarkan
maskulinitas seperti yang ada ditengah masyarakat sekarang yang menitik beratkan
maskulinitas pada kekuatan otot, tubuh yang atletis namun dibalut dengan
penampilan yang baik dan bersih serta olahraga sepakbola yang berkaitan erat dengan
laki-laki dan sifat maskulin.
Kata Kunci: Semiotika, Maskulinitas, Representasi, Iklan, Shopee

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Semiotika, Maskulinitas, Representasi, Iklan, Shopee.
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 12 Apr 2021 05:18
Last Modified: 12 Apr 2021 05:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25168

Actions (login required)

View Item View Item