ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN JAMBU BIJI MERAH PADA ASOSIASI PETANI “PUTRA JAMBU" DI DESA JATIREJO KECAMATAN NGARGOYOSO KABUPATEN KARANGANYAR

DAMAYANTI, KARTIKA AYU (2021) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN JAMBU BIJI MERAH PADA ASOSIASI PETANI “PUTRA JAMBU" DI DESA JATIREJO KECAMATAN NGARGOYOSO KABUPATEN KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Kartika Ayu Damayanti_135130047_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
Kartika Ayu Damayanti_135130047_ABSTRAK.pdf

Download (421kB) | Preview
[thumbnail of Kartika Ayu Damayanti_135130047_COVER.pdf]
Preview
Text
Kartika Ayu Damayanti_135130047_COVER.pdf

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of Kartika Ayu Damayanti_135130047_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
Kartika Ayu Damayanti_135130047_DAFTAR ISI.pdf

Download (599kB) | Preview
[thumbnail of Kartika Ayu Damayanti_135130047_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Kartika Ayu Damayanti_135130047_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of Kartika Ayu Damayanti_135130047_HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
Kartika Ayu Damayanti_135130047_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of Kartika-Ayu-Damayanti-135130047-FULL-SKRIPSI.pdf] Text
Kartika-Ayu-Damayanti-135130047-FULL-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis efisiensi pemasaran jambu biji merah pada setiap saluran pemasaran berdasarkan margin pemasaran dan farmer’s share, (2) menganalisis pemasaran jambu biji merah yang paling efisien pada asosiasi petani Putra Jambu. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, sedangkan metode pelaksanaan penelitian menggunakan metode studi kasus. Metode pengambilan responden petani yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling dan metode pengambilan responden lembaga pemasaran (pedagang) adalah snowball sampling. Responden yang digunakan dari petani adalah 41 responden dan responden lembaga pemasaran (pedagang) dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari 2 orang pedagang pengumpul dan 4 orang pedagang pengecer. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dari wawancara, observasi dan dokumentasi langsung ke petani dan lembaga pemasaran, pustaka dan internet. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif, margin pemasaran, farmer’s share, keuntungan serta biaya dan uji t independent.
Hasil penelitian menunjukkan kedua saluran pemasaran jambu biji merah pada Asosiasi Petani Putra Jambu yang terbentuk sudah efisien. Saluran pemasaran I memiliki margin pemasaran sebesar Rp 2.125/kg. Dan saluran pemasaran II memiliki margin pemasaran sebesar Rp 4.000/kg. Saluran pemasaran I memiliki nilai farmer’s share sebesar 65,38%. Saluran pemasaran II nilai farmer’s share sebesar 50%. Pemasaran jambu biji merah pada anggota asosiasi petani Putra Jambu saluran pemasaran I lebih efisien dibandingkan dengan saluran pemasaran II.
Kata kunci : Jambu Biji Merah, Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Farmer’s Share, Asosiasi Petani Putra Jambu

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Jambu Biji Merah, Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Farmer’s Share, Asosiasi Petani Putra Jambu
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 31 Mar 2021 06:24
Last Modified: 09 Dec 2022 07:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25016

Actions (login required)

View Item View Item