DAMAYANTI, KARTIKA AYU (2021) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN JAMBU BIJI MERAH PADA ASOSIASI PETANI “PUTRA JAMBU" DI DESA JATIREJO KECAMATAN NGARGOYOSO KABUPATEN KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
Kartika Ayu Damayanti_135130047_ABSTRAK.pdf Download (421kB) | Preview |
Preview |
Text
Kartika Ayu Damayanti_135130047_COVER.pdf Download (266kB) | Preview |
Preview |
Text
Kartika Ayu Damayanti_135130047_DAFTAR ISI.pdf Download (599kB) | Preview |
Preview |
Text
Kartika Ayu Damayanti_135130047_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) | Preview |
Preview |
Text
Kartika Ayu Damayanti_135130047_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (193kB) | Preview |
Text
Kartika-Ayu-Damayanti-135130047-FULL-SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis efisiensi pemasaran jambu biji merah pada setiap saluran pemasaran berdasarkan margin pemasaran dan farmer’s share, (2) menganalisis pemasaran jambu biji merah yang paling efisien pada asosiasi petani Putra Jambu. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, sedangkan metode pelaksanaan penelitian menggunakan metode studi kasus. Metode pengambilan responden petani yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling dan metode pengambilan responden lembaga pemasaran (pedagang) adalah snowball sampling. Responden yang digunakan dari petani adalah 41 responden dan responden lembaga pemasaran (pedagang) dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari 2 orang pedagang pengumpul dan 4 orang pedagang pengecer. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dari wawancara, observasi dan dokumentasi langsung ke petani dan lembaga pemasaran, pustaka dan internet. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif, margin pemasaran, farmer’s share, keuntungan serta biaya dan uji t independent.
Hasil penelitian menunjukkan kedua saluran pemasaran jambu biji merah pada Asosiasi Petani Putra Jambu yang terbentuk sudah efisien. Saluran pemasaran I memiliki margin pemasaran sebesar Rp 2.125/kg. Dan saluran pemasaran II memiliki margin pemasaran sebesar Rp 4.000/kg. Saluran pemasaran I memiliki nilai farmer’s share sebesar 65,38%. Saluran pemasaran II nilai farmer’s share sebesar 50%. Pemasaran jambu biji merah pada anggota asosiasi petani Putra Jambu saluran pemasaran I lebih efisien dibandingkan dengan saluran pemasaran II.
Kata kunci : Jambu Biji Merah, Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Farmer’s Share, Asosiasi Petani Putra Jambu
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jambu Biji Merah, Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Farmer’s Share, Asosiasi Petani Putra Jambu |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 06:24 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 07:27 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25016 |
Actions (login required)
View Item |