Pratama, Nugra Yoga (2020) Strategi Komunikasi Persuasif Komunitas Suporter Bonek SKJ’27 (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Persuasif Komunitas Suporter Bonek SKJ’27 Dalam Sosialisasi Kegiatan Sosial Bonek Sobo Panti). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
cover.pdf Download (157kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Abstrak, Abstract.pdf Download (152kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Isi.pdf Download (214kB) | Preview |
Abstract
Komunitas Bonek SKJ’27 ini adalah salah satu komunitas suporter Bonek yang
mendukung tim Persebaya Surabaya. Komunitas suporter Bonek SKJ’27 aktif
melakukan kegiatan sosial yang dinamakan Bonek Sobo Panti. Kegiatan Bonek
Sobo Panti ini bertujuan untuk mendorong individu, suporter, dan masyarakat
untuk saling memahami dan terus menjalin komunikasi yang baik untuk menjadi
bagian dari era baru perdamaian antar suporter dan peduli dengan masyarakat
sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Pada penelitian ini strategi komunikasi persuasif dilakukan oleh anggota komunitas
Bonek SKJ’27 sebagai persuader dengan target yaitu masyarakat dan suporter.
Teori yang digunakan yaitu teori perencanaan pesan dan menggunakan metode
strategi persuasif yang dikemukakan oleh Melvin L. De Fleur dan Sandra J. BallRoceach.
Hasil
penelitian
menunjukkan
bahwa
komunitas
suporter
Bonek
SKJ’27
dalam
mensosialisasikan
kegiatan
sosial
Bonek
Sobo
Panti
menggunakan
metode
strategi
persuasi
yang
menekankan
pada
strategi
psikodinamika
dengan
pendekatan
komunikasi
secara langsung. Ini dikarenakan pesan yang disampaikan tidak
terdistorsi dan langsung diterima target sasaran yang dituju. Bonek SKJ’27 juga
memanfaatkan media sosial internet untuk mempersuasi target yang lebih luas dan
mengetahui feedback langsung dari target melalui kolom komentar yang ada di
akun media sosial milik Bonek SKJ’27. Setelah sosialisasi kegiatan Bonek Sobo
Panti dijalankan, Bonek SKJ’27 mendirikan panti asuhan secara mandiri untuk
lebih serius lagi dalam mewujudkan tujuan dan membangun kredibilitas komunitas
mereka agar semakin mudah dalam mempersuasi target.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Nurul Alifah Rahmawati |
Date Deposited: | 17 Mar 2020 04:47 |
Last Modified: | 17 Mar 2020 04:47 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22622 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |