TANJUNG, FAISAL (2019) ANALISIS PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENILAIAAN KINERJA PADA BALAI PENGKAJIAN TEKNOLOGI PERTANIAN (BPTP) YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
2) Abstrak-dikonversi.pdf Download (14kB) | Preview |
Preview |
Text
3) Cover-dikonversi.pdf Download (83kB) | Preview |
Preview |
Text
4) lembar pengesahan.pdf Download (298kB) | Preview |
Preview |
Text
5) Daftar Isi-dikonversi.pdf Download (12kB) | Preview |
Text
1--Skripsi--Faisal-T--End--dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ANALISIS PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR PENILAIAN KINERJA PADA BALAI PENGKAJIAN TEKNOLOGI PERTANIAN (BPTP) YOGYAKARTA
Oleh:
Faisal Tanjung
142140116
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta dengan cara melakukan analisis menggunakan penerapan Balanced Scorecard. Pengukuran kinerja ini menggunakan empat perspektif yang terdapat pada Balanced Scorecard, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara menganalisis data primer dan sekunder perusahaan kemudian diukur dengan penerapan dari empat perspektif Balanced Scorecard untuk mendeskripsikan dan menjelaskan penilaian kinerja BPTP Yogyakarta secara lebih detail. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rasio-rasio keuangan untuk perspektif keuangan, akuisisi pelanggan dan retensi pelanggan untuk perspektif pelanggan, sedangkan untuk perspektif proses bisnis internal menggunakan analisis deskriptif, dan tingkat kepuasan pelanggan untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran
Berdasarkan hasil penelitian, disimpuklan bahwa kinerja BPTP Yogyakarta selama tahun 2016-2018 menunjukan bahwa Perspektif keuangan, Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran dalam kategori baik. Sedangkan untuk Perspektif Pelanggan dikategorikan cukup baik. Secara keseluruhan kinerja BPTP Yogyakarta selama tahun 2016-2018 menunjukan hasil yang baik. Saran yang diberikan adalah BPTP Yogyakarta untuk dapat memperhatikan dan meningkatkan perhitungan retensi pelanggannya agar dapat memelihara hubungan bisnis yang berkelanjutan dengan pelanggan dalam jangka waktu panjang.
Kata Kunci : Pengkuran Kinerja, Balanced Scorecard, BPTP Yogyakarta
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 06 Mar 2020 07:28 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 03:11 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22564 |
Actions (login required)
View Item |