SINAGA, YOGI IRWANSYAH (2020) STRATEGI DIPLOMASI BUDAYA KOREA SELATAN MELALUI K-POP TAHUN 2012 - 2018. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
3. Cover.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
4. Lembar Pengesahan (PDF).pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (173kB) | Preview |
Abstract
Dewasa ini ekspansi budaya populer Korea telah meluas dan menyebabkan merebaknya nuansa-nuansa budaya populer pop Korea atau Hallyu yang beredar di seluruh masyarakat. Dengan adanya fenomena Hallyu tersebut, menuntun tujuan dari penelitian skripsi ini yaitu ingin mengetahui bagaimana strategi diplomasi budaya yang dilakukan oleh Korea Selatan melalui K-Pop pada tahun 2012- 2018. Dalam skripsi ini penulis menggunakan empat tinjauan pustaka yang selanjutnya dijadikan sebagai dasar penelitian. Lliteratur yang petama adalah tulisan berjudul South Korean Cultural Diplomacy and Brokering ‘K-Culture’ outside Asia yang ditulis oleh Joanna Elfving-Hwang, tulisan yang kedua berjudul KSCC dan Diplomasi Budaya yang di tulis oleh M. Syaprin Zahid, tulisan yang ketiga berjudul Kerjasama Indonesia dan Korea Selatan Dalam Upaya Pengembangan Sektor Industri Kreatif Di Indonesia yang ditulis oleh Cindy Yosita Putri, dan tulisan ke empat berjudul Hallyu across the Desert: K-Pop Fandom in Israel and Palestine yang ditulis oleh Irina Lyan dan Nissim Otmazgin. Adanya dasar penelitian tersebut dapat dilihat bahwa diplomasi budaya yang dilakukan oleh Korea Selatan menggunakan strategi dalam bentuk soft power dengan cara government to people dan people to people.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JZ International relations |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment |
Depositing User: | Nurul Alifah Rahmawati |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 07:25 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 07:25 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22180 |
Actions (login required)
View Item |