MAKNA KESENIAN REOG TURONGGO JATI (Studi Deskriptif Pesan Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Kesenian Reog Turonggo Jati Dusun Ngelo Lor Desa Beji Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunung Kidul)

Kusumastuti, Rosa Fajrina (2020) MAKNA KESENIAN REOG TURONGGO JATI (Studi Deskriptif Pesan Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Kesenian Reog Turonggo Jati Dusun Ngelo Lor Desa Beji Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunung Kidul). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER MAKNA KESENIAN REOG TURONGGO JATI.pdf]
Preview
Text
COVER MAKNA KESENIAN REOG TURONGGO JATI.pdf

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK INDONESIA INGGRIS.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA INGGRIS.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-MAKNA-TARIAN-REOG-TURONGGO-JATI-2019.pdf] Text
SKRIPSI-MAKNA-TARIAN-REOG-TURONGGO-JATI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Reog Turonggo Jati merupakan salah satu tarian kerakyatan khas Gunung Kidul. Seni tari menjadi salah satu media yang digunakan dalam berkomunikasi secara lebih kreatif, guna menyampaikan suatu nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat. nilai-nilai tersebut disampaikan lewat tarian dengan pesan verbal maupun non verbal. Fokus penelitian ini ialah untuk mengetahui makna pesan verbal maupun non verbal yang terkandung di dalam tarian Reog Turonggo Jati, baik melalui narasi, gerakan, ataupun kostum serta properti yang digunakan oleh para penari. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, interview (wawancara), dan studi pustaka. Subjek pada penelitian ini berjumlah lima orang yang terdiri dari tokoh masyarakat sekaligus pendamping kelompok Reog, koreografer tarian, penari, tokoh penggiat kesenian rakyat, serta warga setempat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori makna Brodbeck. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa makna pesan verbal yang disampaikan melalui narasi adalah mengenai kegigihan dan keberanian tokoh Nyi Serang. Sedangkan makna pesan non verbal yang disampaikan adalah mengenai suatu kepercayaan masyarakat setempat, kesetaraan gender, pentingnya saling bekerja sama, dan juga mengenai kegigihan serta keberanian pula. Secara keseluruhan tarian Reog Turonggo Jati menyampaikan pesan-pesan moral yang mengandung makna serta nilai-nilai yang perlu dipahami oleh masyarakat.
Kata Kunci: Pesan Verbal, Pesan Non Verbal, Reog Turonggo Jati, Kesenian Gunung Kidul

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:47
Last Modified: 14 Feb 2023 01:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22006

Actions (login required)

View Item View Item