ANALISIS PEMANFAATAN INSTAGRAM @HUMASJOGJA SEBAGAI MEDIA INFORMASI OLEH PUBLIK

Jati, Fajar Aswina (2020) ANALISIS PEMANFAATAN INSTAGRAM @HUMASJOGJA SEBAGAI MEDIA INFORMASI OLEH PUBLIK. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of HAL PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HAL PENGESAHAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FUL.pdf] Text
SKRIPSI-FUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi terjadi sedemikian cepat berakibat pada mudahnya publik untuk mendapatkan informasi atau data. Data yang tersebar tidak lagi berbentuk konvensional melainkan data digital yang disebarkan melalui media baru. Keberadaan media baru ditengah publik memaksa Humas Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengadopsinya sebagai sarana untuk mengelola publik. Salah satu media baru yang diadopsi adalah Instagram dengan alamt @humasjogja. Pengadopsian ini diharapkan dapat mendekatkan diri ke publik dengan menjadikan Instagram @humasjogja sebagai media informasi dan media komunikasi publik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis pemanfaatan akun Instagram @humasjogja sebagai media informasi; dan (2) Untuk menganalisis hambatan dalam menggunakan Instagram @humasjogja sebagai media informasi. Penelitian yang dilakukan menggunakan deksriptif kualitatif dimana menggambarkan dan memberikan pemaparan serta menjelaskan hal yang diteliti berdasarkan wawancara mendalam dan observasi yang diperoleh. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah Instagram efektif dalam penggunaannya sebagai media informasi dan komunikasi publik. Akan tetapi hambatan yang ditemui adalah kurangnya sumber daya manusia, pemanfaatan fitur Instagram yang belum maksimal, dan masih kakunya hubungan pemerintah dengan publik, serta keberadaan mekanisme birokrasi yang rumit dalam pengelolaan media informasi dan komunikasi publik tersebut.
Kata kunci : Humas, Informasi, Komunikasi, Publik, Instagram

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:37
Last Modified: 13 Feb 2023 08:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22003

Actions (login required)

View Item View Item