Pola Penggunaan Fitur Line Today Pada Kalangan Remaja Pedesaan (Studi Deskriptif Pada Remaja Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, DIY)

RIDHO, RIDHO (2020) Pola Penggunaan Fitur Line Today Pada Kalangan Remaja Pedesaan (Studi Deskriptif Pada Remaja Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, DIY). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lem Pengesahan.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Internet di Indonesia berkembang dengan sangat cepat. Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia mencapai 143,26 juta jiwa. Platform yang biasa digunakan masyrakat di Indonesia adalah Line, angka penggunanya menyentuh angka 90 juta jiwa. Fitur yang paling menarik dari Aplikasi Line adalah fitur Line Today, Fitur ini beroperasi layaknya pengumpul berita-berita online (online news aggregator). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi deskriptif yang berfokus pada bagaimana pola penggunaan Line Today di masyarakat pedesaan terutama pada kalangan remaja di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, DIY. Pola penggunaa yang ditemukan berdasarkan hasil penelitian menghasilkan lima fase yaitu Motif Penggunaan berbicara tentang tentang alasan dan tujuan menggunakan Line Today, Profil Pengguna yang berfokus pada intensitas dan durasi penggunaan, Interaktifitas Pengguna menjelaskan bagaimana proses pengguna Line Today seperti fitur yang disukai dan kategori berita favorit, Tindak Lanjut Penggunaan perihal bagaimana respon pengguna setelah membaca berita dari Line Today, dan Intepretasi Berita atau cara menilai dan memaknai berita. Dari pola penggunaan ini dapat disimpulkan bahwa Line Today dlihat dari sisi teori media baru mampu memenuhi dan memfasilitasi kebutuhan remaja pedesaan dalam mengkonsumsi berita di era digital. Sebagai fenomena baru di era digital, pemerataan penggunaan Line Today dinilai kurang cukup merata. Kata Kunci : Internet, Media Baru, Fenomenologi, Remaja, Pola Penggunaan, Line Today xiv ABSTRACT The internet in Indonesia is growing so fast. According to the Indonesian Internet Service Providers Association (APJII), internet users in Indonesia reached 143.26 million. The platform commonly used by the people in Indonesia is Line, the users touched 90 million people. The most interesting feature of the Line Application is the Line Today feature, this feature operates like an online news aggregator. This study uses qualitative research methods with descriptive studies that focus on how to use Line Today patterns in rural communities, especially among adolescents in Gadingsari Village, Sanden District, Bantul Regency, DIY. The usage patterns that were found based on the results of the study resulted in five phases namely the motive about the reasons and the purpose of Line Today, user profiles that focus on the intensity and duration, user Interactive explains the process of Line Today users such as preferred features and favourite news categories, follow-up usage about how users respond after reading news of Line Today, and news interpretation or how to rate and interprets it. From this usage pattern, concluded that Line Today saw from the perspective of new media theory being able to meet and facilitate the needs of rural youth in consuming news in the digital age. As a new phenomenon in digital age, Line Today’s equitable use is considered to be quite uneven. Keywords: Internet, New Media, Phenomenology, Youth, Usage Patterns, Line Today

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:49
Last Modified: 09 Jan 2020 04:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21966

Actions (login required)

View Item View Item