EVALUASI DESAIN METODE PRESSURIZED MUD CAP DRILLING (PMCD) UNTUK MENANGGULANGI PROBLEM TOTAL LOSS DAN SOUR GAS KICK PADA TRAYEK 6” SUMUR “X” LAPANGAN “Y” PT. PERTAMINA EP

JAAFAR, FAJRI BELLADINO (2014) EVALUASI DESAIN METODE PRESSURIZED MUD CAP DRILLING (PMCD) UNTUK MENANGGULANGI PROBLEM TOTAL LOSS DAN SOUR GAS KICK PADA TRAYEK 6” SUMUR “X” LAPANGAN “Y” PT. PERTAMINA EP. Masters thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
5. RINGKASAN.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan laporan harian pemboran dan laporan akhir pada sumur-sumur eksplorasi di Lapangan Y di saat menembus formasi Kujung tidak memungkinkan dilakukan pemboran secara konvensional kerena merupakan batuan karbonat builtup / reef dengan vugular-cavernous porosity yang menyebabkan terjadinya problem total loss dan sour gas kick (H2S, CO2) yang mengakibatkan tidak dapat dikontrol dengan menggunakan material Loss Circulation Material (LCM) maupun gunk plug. Metode Teknik pemboran Pressurized Mud Cap Drilling (PMCD) yang merupakan bagian dari teknologi Managed Pressure Drilling (MPD) diterapkan di Sumur X adalah dengan cara menggunakan lumpur yang beratnya dibawah tekanan formasi dan mengontrol agar tekanan di dalam lubang bor dalam kondisi overbalanced baik pada saat sirkulasi maupun ketika melakukan penyambungan pipa pemboran. Pengontrolan tersebut dilakukan dengan memberikan surface back pressure melalui peralatan PMCD untuk menambah tekanan friksi ataupun menggantikan tekanan friksi yang hilang akibat pompa berhenti. Parameter yang diperlukan untuk desain PMCD yaitu rate pemompaan fluida di annulus ( Q ), desain fluida di annulus ( AFD ), kecepatan fluida sirkulasi di annulus ( Vann ), densitas fluida sirkulasi ( ρ ) dan viskositas fluida sirkulasi ( µ ). Desain pemboran PMCD yang menggunakan tekanan casing 200 psia ( PMCD 50 psia – 200 psia) menghasilkan berat minimum fluida yang dipompakan di annulus sebesar 0.96 SG agar tidak terjadi kick, sedangkan mengunakan tekanan casing 100 psia dapat menghasilkan berat minimum fluida yang dipompakan melalui annulus sebesar 0.98 SG dan untuk menjaga keselamatan kerja lebih diutamakan tekanan casing yang dipakai adalah 100 psia, karena berat fluida di annulus lebih berat dari fluida sebelumnya dan akan lebih berhasil untuk menanggulangi kick di lapangan yang berformasi dominan berbatuan karbonat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Bugel Suryanta
Date Deposited: 23 May 2016 07:43
Last Modified: 23 May 2016 07:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2159

Actions (login required)

View Item View Item