Ristanto, Abed Dwi (2019) POLA KOMUNIKASI “KLINIK KOPI” DALAM MENGEDUKASI KOPI SINGLE ORIGIN INDONESIA KEPADA PELANGGAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (122kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (78kB) | Preview |
Preview |
Text
HAL PENGESAHAN.pdf Download (528kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (124kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Klinik Kopi merupakan kedai kopi di Yogyakarta yang hanya menyajikan
minuman kopi arabika murni. Klinik Kopi sejak awal bertujuan ingin
mengedukasi dan berbagi pengalaman kepada para pelanggannya tentang kopi
single origin dari berbagai penjuru nusantara. Bisnis yang sudah dimulai sejak
tahun 2013 secara konsisten mengedukasi para pelanggan tentang bagaimana
meminum kopi secara benar dan berbagi cerita mengenai kopi yang disajikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi Klinik
Kopi dalam mengedukasi kopi single origin Indonesia kepada pelanggan serta
mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses kegiatan edukasi.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan teori
Communication Competence dan teori Instruksional Dari hasil penelitian
memperlihatkan pola komunikasi yang digunakan oleh barista Klinik Kopi
merupakan pola komunikasi sirkular. Proses komunikasi berlangsung secara tatap
muka dan adanya timbal balik antara barista dengan pelanggan. Pola komunikasi
yang dilakukan bersifat instruksi yang edukatif. Barista dalam melakukan
instruksi menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal. Edukasi yang
disampaikan oleh barista difokuskan pada pemberian makna mengenai kopi single
origin Indonesia melalui nilai, informasi, dan pengetahuan. Tiga unsur tersebut
ditransmisikan lewat pesan-pesan yang disampaikan kepada pelanggan. Dari
proses komunikasi barista dengan pelanggan ada faktor pendukung dan
penghambat. Faktor pendukungnya adalah adanya pendekatan yang dilakukan
oleh barista dalam menyampaikan informasi edukasi melalui bercerita atau story
telling, sedangkan faktor penghambatnya adalah barista tidak menerapkan tahapan
evaluasi dalam aktivitas edukasi yang telah dilakukan.
Kata Kunci: Pola Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Kopi Single Origin
ABSTRACT
xvii
Klinik Kopi is a coffee shop in Yogyakarta which only serves an unspoiled
arabican coffee based beverages. Klinik Kopi had a mission to share the
experience and educate their customers about single-origin coffee from the
country in nusantara. They started the bussiness in 2013 and had consistently
educated their customers as to how to drink coffee properly and shared stories
about their well-served coffees. This study aimed to determine Klinik Kopi’s
communication patterns on educating their customers about Indonesian
single-origin coffee and also to determine both supporting and opponent factors
during the process occured. This study employed qualitative-descriptive
methodology while communication competence theory and instructional theory
were also applied. The result of this study showed that circular communication
patterns was used by the barista at Klinik Kopi. The process of communication
was a two-way process. The communication patterns tend to be educatively
instructive. The barista used both verbal and nonverbal communication on giving
the instruction. The education by barista mainly focused on the Indonesian
single-origin coffee meaning through value, information, and knowledge. These
components then transmitted through messages delivered to customers. These
were also supporting and opponent factors during the process of communication
between the barista and the customers. Story telling approach when educating the
customers by the barista is supporting factor, while the opponent factor is due to
the unused evaluating stage by barista on the education effort that had been done.
Keywords: Communication patterns, Interpersonal communication, Indonesian
single-origin coffee`
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Sarimin Sarimin |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 02:24 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 02:24 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21436 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |