DINAMIKA FEAR OF MISSING OUT DALAM PENGGUNAAN INSTAGRAM PADA GENERASI MILENIAL MAHASISWA DI YOGYAKARTA

Nurhayati, Yulia (2019) DINAMIKA FEAR OF MISSING OUT DALAM PENGGUNAAN INSTAGRAM PADA GENERASI MILENIAL MAHASISWA DI YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (520kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK .pdf]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Instagram menempati posisi keempat sebagai media sosial yang sering digunakan
oleh generasi milenial. Namun, penggunaan media tersebut dapat membuat
penggunanya menjadi kecanduan. Hal itu lalu memunculkan sebuah fenomena
yang disebut Fear of Missing Out atau FoMO, yaitu kekhawatiran akan takut
ketinggalan terhadap informasi, hal-hal menarik, ataupun aktivitas tertentu dan
ditandai dengan keinginan untuk terus terhubung dengan media sosial. Tujuan dari
penelitian ini ialah memaparkan dinamika fear of missing out dalam penggunaan
Instagram yang dialami oleh generasi milenial mahasiswa di Yogyakarta. Jenis
penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data
menggunakan observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian adalah
sebagai berikut : 1) Faktor pengaruh, yaitu pada kondisi tertentu seperti waktu
luang yang dimiliki, suasana hati seperti bosan dan kesal, kesepian, ingin tetap
eksis di dunia maya, ingin memenuhi kebutuhan informasi, jumlah akun yang
dimiliki, reflek membuka dan intensitas penggunaan Instagram. 2) Sebagian besar
informan FoMO terhadap kabar teman. Selain itu, terhadap hal yang menyangkut
hobi, idola, tren atau hal yang viral, informasi berita dan informasi unik. 3) FoMO
memiliki dampak positif dan negatif diberbagai bidang. Pada bidang ekonomi
yaitu boros dan menguntungkan perusahaan. Bidang pendidikan, yaitu menambah
wawasan, namun disisi lain menganggu aktivitas belajar. Pada kondisi fisik yaitu
membuat lesu. Serta pada bidang psikologi yaitu dapat membuat bahagia, lega dan
puas, namun disisi lain dapat membuat suasana hati buruk. Semua informan
mengakui sulit lepas dari Instagram. Sehingga hal itu mendorong mereka terus
menggunakan media tersebut dan cenderung mengalami FoMO kembali.

Kata-kata Kunci : fear of missing out, Instagram, generasi milenial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 31 Jul 2019 07:23
Last Modified: 31 Jul 2019 07:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20604

Actions (login required)

View Item View Item