KAJIAN MANAJEMEN RESIKO KERJA DI AREA PENAMBANGAN TANAH URUG CV. CAHAYA DESA KALI AGUNG KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULONPROGO YOGYAKARTA

TRILAKSONO, SIGIT (2019) KAJIAN MANAJEMEN RESIKO KERJA DI AREA PENAMBANGAN TANAH URUG CV. CAHAYA DESA KALI AGUNG KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULONPROGO YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
4. COVER.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. RINGKASAN.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN CV. Cahaya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan tanah urug yang terletak di desa Kali Agung, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi DIY. Kegiatan penambangan meliputi pembukaan lahan, pembongkaran, pemuatan, dan pengangkutan. Pada setiap kegiatan penambangan mempunyai resiko yang dapat menyebabkan kecelakaan. Dalam pelaksanaan kegiatan penambangan tersebut memiliki potensi bahaya, dimana didapat nilai tertinggi potensi bahayanya yaitu 9 yang berarti level tingkat bahayanya tinggi dan perlu adanya tindakan segera/dapat ditunda tidak terlalu lama sehingga perlu adanya manajemen resiko bahaya dari tiap-tiap urutan langkah kerja yang ada di CV. Cahaya ini, agar dapat tercipta lingkungan kerja yang aman. Dalam pelaksanaan program-program manajemen keselamatan dan kesehatan kerja masih ditemukannya kendala-kendala dan halangan yang terjadi, sehingga program-program yang telah direncanakan oleh pihak manajemen tidak berjalan dengan baik. Seperti kurangnya alat pelindung diri serta kurang optimalnya pelaksanaan safety talk. Hal ini dikarenakan perusahaan masih kurang maksimal dalam menjalankan sistem manajemen keselamatan pertambangan meliputi elemen kebijakan dan implementasi. Penerapan hasil evaluasi secara baik dan benar akan membuat kinerja manajemen keselamatan dan kesehatan kerja menjadi lebih baik dan meningkat. Peningkatan yang terjadi dapat membuat kemungkinan kecelakaan kerja yang dapat terjadi akan semakin kecil. Keadaan demikian akan menimbulkan perasaan aman dan nyaman bagi pekerja yang berada di lokasi penambangan CV. Cahaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 23 Jul 2019 07:15
Last Modified: 23 Jul 2019 07:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20551

Actions (login required)

View Item View Item