Murpratiwi, Agista Ismawanti (2019) PERSEPSI AUDIENS TENTANG ISI IKLAN WEB SERIES (Studi Deskriptif Pada Iklan AXElerate: The Untold Story di YouTube). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (95kB) | Preview |
Preview |
Text
cover.pdf Download (278kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Isi.pdf Download (239kB) | Preview |
Preview |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Iklan dewasa ini telah banyak mempengaruhi kalangan masyarakat untuk
memenuhi kebutuhannya dalam bentuk iklan yang beragam. Iklan web series
yang menjadi salah satu tren atau konsep baru dari YouTube yang saat ini mulai
banyak digemari oleh masyarakat. Salah satunya iklan web series AXE versi
AXElerate: The Untold Story dengan viewers sebanyak 15 juta penonton sehingga
berhasil masuk dalam 10 besar YouTube Ads Leaderboard 2016. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui persepsi audiens tentang isi iklan web series
AXElerate: The Untold Story di YouTube. Penelitian ini menggunakan teori
perbedaan individu, konsep persepsi dan konsep new media. Jenis metode
penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan melakukan pendekatan
observasi dan wawancara mendalam dengan informan mahasiswa di Yogyakarta
dengan jurusan berbeda-beda serta menggunakan triangulasi sumber data untuk
menguji keabsahan data. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa audiens
memberikan persepsi mengenai iklan web series AXElerate: The Untold Story
kedalam dua unsur yaitu sisi konten dan tampilan visual sehingga menciptakan
kesadaran produk (brand awarness) di benak para audiens. Audiens memberikan
persepsi positif akan terpaan iklan karena terpaan yang secara langsung lebih
mengena dan mempengaruhi dengan audiens. Respon positif tersebut terutama
pada packaging iklan web series AXE ini dengan konten yang mengandung ideide
baru yang segar dan tetap mengena di hati penonton, ditambah dengan
pemilihan tema cerita yang kreatif dan inspiratif mengenai permasalahan sosial
dalam kehidupan hari-hari sehingga membuat auidens untuk selalu menonton.
Sedangakan tampilan visual iklan ini dikemas seperti film pendek berjumlah 10
episode dengan sinematografi yang bagus dan kreatif. AXE memberikan pengaruh
dalam benak audiens sehingga menimbulkan brand awarness terhadap produk
AXE. Hal ini membuat audiens melakukan tindakan pembelian dan menciptakan
loyalitas terhadap produk AXE.
Kata kunci: Persepsi, Iklan Web Series, AXElerate: The Untold Story
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 19 Jul 2019 03:00 |
Last Modified: | 19 Jul 2019 03:00 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20496 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |