KAJIAN TEKNIS PRODUKTIFITAS ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT UNTUK MEMENUHI TARGET PRODUKSI BIJIH NIKEL DI PT. ANTAM TBK UBPN SULTRA, SITE EVEREST PROVINSI SULAWESI TENGGARA

JERMAD, RIDHO FADILAH (2019) KAJIAN TEKNIS PRODUKTIFITAS ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT UNTUK MEMENUHI TARGET PRODUKSI BIJIH NIKEL DI PT. ANTAM TBK UBPN SULTRA, SITE EVEREST PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3.COVER.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.PENGESAHAN.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.RINGKASAN.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT.Antam Tbk UBPN Sultra merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang pertambangan bijih nikel yang berlokasi di Kelurahan Pomalaa, Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Produksi Bijih Nikel saat ini masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan pada stockyard. Target produksi Nikel yang dimiliki PT. Antam Tbk UBPN Sultra, sebesar 50.000 ton/bulan. Pembongkaran bijih nikel dilakukan dengan mengunakan Excavator Komatsu PC 200, dimana material hasil pembongkaran dimuat dan diangkut menuju stockyard. Kegiatan pengangkutan nikel menggunakan dump truck Hino 500 FM 260 JD. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah belum tercapainya target produksi yang telah ditetapkan oleh perusahaan sebesar 50.000 ton/bulan. Produktifitas yang dapat dihasilkan 1 unit alat muat excavator Komatsu PC200 adalah sebesar 49.723 ton/bulan dan 8 unit alat angkut dumptruck Hino FM260JD sebesar 47.001 ton/bulan. Terdapat faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi produksi, sehingga diperlukan kajian terhadap faktor penghambat agar target produksi dapat tercapai. Hal ini disebabkan karena rendahnya waktu kerja efektif yang tersedia saat ini. Efisiensi kerja alat muat dan alat angkut saat ini yaitu 55,18% dan 53,70%. Data yang diambil berupa waktu edar alat muat, waktu edar alat angkut, faktor pengembangan, faktor pengisian mangkuk, geometri jalan, hambatan kerja, dan spesifikasi alat mekanis. Upaya peningkatan produktifitas alat angkut agar tercapai yaitu dengan penambahan jumlah curah bucket, penambahan curah bucket alat muat setelah dilakukan perbaikan dari 12 kali curah menjadi 14 kali curah. Sehingga produktifitas alat angkut meningkat, yaitu dari 47.001 ton/bulan menjadi 53.092 ton/bulan. Meningkatkan waktu kerja efektif dengan cara mengurangi waktu hambatan-hambatan yang dapat ditekan. Setelah dilakukannya peningkatan waktu kerja efektif alat muat meningkat menjadi 201,48 jam/bulan dan untuk alat angkut 200,72 jam/bulan. Efisiensi kerja alat muat meningkat menjadi 60,37% dan alat angkut meningkat menjadi 54,81 %. Kemampuan produktifitas meningkat menjadi 54.399 ton/bulan pada alat muat dan alat angkut meningkat menjadi 47.973 ton/bulan. Setelah dilakukan upaya peningkatan produktifitas dengan penambahan jumlah curah bucket dan meningkatkan waktu kerja efektif, kemampuan produksi 1 unit alat muat excavator Komatsu PC200 sebesar 54.399 ton/b

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:14
Last Modified: 08 Jul 2019 03:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20149

Actions (login required)

View Item View Item